counter

Piala Asia 2019

VAR bantu Jepang ke semifinal

VAR bantu Jepang ke semifinal

Para pemain Jepang merayakan kemenangan atas Vietnam di depan para penggemar mereka di akhir pertandingan (REUTERS / Thaier Al-Sudani) (R)

Jakarta (ANTARA News) - Jepang melaju ke semifinal Piala Asia UFC 2019 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 melalui gol penalti yang dicetak Ritsu Doan pada menit ke 57.

Dalam pertandingan di Al Maktoum Stadium (Dubai) Uni Emirat Arab (UEA), Kamis, itu, pasukan samurai biru harus berterima kasih kepada Video Assistant Referee (VAR), karena berkat kesaksian teknologi tersebut penalti diberikan.

Seperti dilansir situs resmi turnmen, penalti diberikan setelah Doan dijatuhkan oleh Bùi Tien Dung di dalam kotak. Wasit awalnya tidak melihat itu sebagai pelanggaran dan tidak menghentikan permainan.

Namun setelah wasit melihat referensi ke VAR, ia membalikkan keputusannya karena rekaman menjelaskan bahwa pemain Vietnam telah menginjak kaki pemain sayap tersebut.

Doan kemudian melangkah untuk mengambil penalti dan sukses menjebol gawang Dang Van Lâm.

Dalam pertandingan tersebut, VAR dua kali menjadi referensi untuk mengambil keputusan.

VAR pertama kali dipanggil pada menit ke-24 ketika Maya Yoshida menjebol gawang Vietnam.

Namun gol tersebut diputuskan tidak sah setelah wasit asal Uni Emirat Arab, Mohammed Abdulla Hassan melihat tayangan ulang melalui VAR. Pemain Jepang dinyatakan menyentuh bola sebelum bola masuk ke gawang.

Pada menit ke-57, pemain bertahan Vietnam terpaksa melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Kali ini VAR berpihak kepada Jepang. Wasit yang tadinya tidak melihat suatu pelanggaran akhirnya menunjuk titik putih dan Doan melaksanakan tugasnya dengan baik.

Gol penalti Doan itu menjadi satu satunya gol yang tercipta dan memastikan Jepang melaju ke semifinal untuk menjaga asa  menjuarai turnamen sepak bola terakbar di benua Asia itu.

Baca juga: Pertahanan Korsel akan diuji ketajaman lini depan Qatar

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kodim 0706 Temanggung gelar turnamen sepak bola usia dini

Komentar