Menghadirkan menu gizi berimbang atau dikenal dengan istilah empat sehat lima sempurna tidak harus mahal karena banyak sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa diperoleh di sekitar rumah atau di pasar tradisional.
Jakarta,  (ANTARA News) - Istri calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, Nur Asia Uno mengajak keluarga-keluarga di Indonesia, khususnya emak-emak, untuk memerangi stunting (anak kerdil) dengan menghadirkan menu gizi seimbang, yakni makanan empat sehat lima sempurna di rumah.

Diskusi Publik Hari Gizi dan Makanan Nasional 2019 bertena "Menu Gizi Seimbang untuk Keluarga Ala Nur Asia Uno" di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi, Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, Jumat,  Nur Asia mengatakan, masalah anak kerdil akibat kekurangan gizi atau stunting adalah persoalan serius, karena berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebut angka 7,8 juta dari 23 juta balita di Indonesia menderita stunting.

"Kita prihatin sekali anak-anak Indonesia mengalami stunting. Ini harus diantisipasi dan dicegah. Kita harus bersama-sama memberikan edukasi dan memberikan pelatihan ke pelosok-pelosok, khususnya para ibu untuk menghadirkan makanan bergizi di rumah-rumah," kata Nur Asia melalui pernyataan yang diterima Antara.

"Kalau Pak Prabowo dan Bang Sandi nanti terpilih, Insya Allah beliau akan memastikan harga bahan makanan terjangkau bagi masyarakat. Sehingga masyarakat bisa memenuhi gizi keluarga dengan harga terjangkau," tambahnya.

Menurut dia, menghadirkan menu gizi berimbang atau dikenal dengan istilah empat sehat lima sempurna tidak harus mahal karena banyak sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa diperoleh di sekitar rumah atau di pasar tradisional.

Dalam kesempatan itu, Nur Asia juga membeberkan daftar makanan bergizi yang biasa ia hidangkan di rumah. Di antaranya, bahanan makanan mengandung karbohidrat seperti nasi putih atau nasi merah, lauk pauk berupa ikan laut, daging ayam, telur, tempe, tahu, sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Saya juga biasa buatkan air rendaman lemon dan madu untuk Bang Sandi agar tidak gampang flu. Apalagi saat ini aktifitas kampanyenya semakin padat. Biar tetap fit, gizinya harus berimbang. Pokoknya ibu-ibu mah, harus cerdas, makanan bergizi gak harus mahal," kata Nur Asia.

Baca juga: Nur Asia raih "The Most Inspiring Muslimah 2018"

Baca juga: Nur Asia luncurkan Gerakan Emak Peduli Karya Penyandang Disabilitas

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019