Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendapatkan penghargaan Reisraag Awards sebagai “The Best Destination” di ajang Vakantiebeurs 2019 beberapa waktu lalu.

Dikutip dari keterangan resmi Panorama Destination, Jumat, Vakantiebeurs adalah pameran pariwisata terbesar untuk area Benelux dimana Belanda, Belgia, dan Luxemburg yang merupakan deretan negara sebagai pasar terbesar wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang kuat dari tahun ke tahun.

Tercatat peningkatan 11,63 persen kedatangan wisman pada periode Januari hingga November 2018 dibanding periode yang sama di tahun 2017.

Panorama Destination atau Destinasi (IJ : PDES) telah mendatangkan wisatawan mancanegara dari banyak belahan dunia selama lebih dari 40 tahun.

Destinasi memiliki lebih dari 50 persen pangsa pasar dari Eropa, khususnya Eropa Barat.

Menggunakan sistem penjualan business to business (B2B) yang bekerjasama dengan agen wisata setempat, Destinasi membangun koneksi untuk menjaring wisatawan ke Indonesia melalui partner agen wisata di negara asal lewat pameran wisata.

Pada awal 2019, Destinasi berpartisipasi dalam pameran wisata serupa seperti Vakantibeurs, salah satunya melalui MATKA 2019 di Finlandia yang ditargetkan untuk menjaring dan menarik minat wisatawan mancanegara kawasan Nordic (Norwegia, Finlandia, Swedia, Denmark).

Destinasi juga hadir dalam travel mart ATF 2019 yang dilangsungkan di Vietnam untuk menarik pasar ASEAN dan SATTE 2019 yang diadakan di India untuk menarik pasar Asia Selatan (India, Srilanka).

“Melalui travel mart MATKA, kami berhasil menjaring travel agent partner dan tamu dari negara-negara di area Nordic (Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia). Potensinya besar karena negara-negara di Nordic kaya dan penduduknya makmur, namun memang terkendala dengan jarak yang jauh, maka kita harus pandai dalam mengkombinasikan Indonesia dan beberapa negara di ASEAN agar jarak yang jauh terbayar dengan experience wisman di beberapa negara ASEAN khususnya Indonesia”, tutur Ricardo Setiawanto, Direktur Panorama Destination.

“Karena itulah kami membuka kantor operasi di Malaysia dan diproyeksikan pada Q3 kami juga akan membuka kantor operasional di Vietnam yang berpusat di Ho Chi Minh City”, lanjut dia.

Dia menambahkan Destinasi akan mendorong peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia, sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai 20 juta kunjungan wisman pada 2019.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019