Jakarta (ANTARA News) - Abdelaziz Hatim menjadi pahlawan bagi tim Qatar ketika mereka menyingkirkan tim favorit juara, Korea Selatan dengan skor akhir 1-0 di  Stadion Zayed Sports City, Jumat (25/01).

Kemenangan skuat Qatar asuhan pelatih Felix Sanchez itu membuat mereka mencapai semifinal Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Korea Selatan ingin mengakhiri 59 tahun paceklik gelar mereka dalam turnamen tersebut, tetapi gagal memanfaatkan serangkaian peluang pada babak kedua sebelum gol yang diciptakan Hatim pada menit ke-78 memupuskan harapan negeri gingseng itu.

Korea Selatan baru bisa mencatatkan tembakan ke gawang tiga menit saat babak kedua dimulai, percobaan penyerang Hwang Ui-jo dari tepi kotak penalti terpaksa membuat kiper Qatar Saad Al-Sheeb melakukan sebuah penyelamatan.

Percobaan Lee Chung-yong masih melebar dari gawang dan tendangan kapten Korsel Son Heung-min masih bisa digagalkan oleh Al-Sheeb sebelum tendangan bebas Kim Jin-su membentur tiang gawang.

Kegagalan skuat Ksatria Taeguk mengonversikan peluang semakin diperparah ketika tendangan jarak jauh Hatim tidak bisa diantisipasi kiper Kim Seung-gyu dan keunggulan 1-0 itu mampu dipertahankan Qatar sampai pertandingan berakhir.

Negara tuan rumah Piala Dunia 2022 itu di semifinal akan menghadapi pemenang antara Uni Emirat Arab atau juara bertahan Australia.

Baca juga: Daftar pencetak gol terbanyak Piala Asia
Baca juga: Hasil dan jadwal pertandingan Piala Asia 2019
Baca juga: Lippi akhiri tugas sebagai pelatih China usai gagal di Piala AFC

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019