counter

LAPAN siap luncurkan aplikasi penginderaan jauh berbasis Android

LAPAN siap luncurkan aplikasi penginderaan jauh berbasis Android

Lapan (lapan.go.id)

Malang, Jawa Timur (ANTARA News)  - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan meluncurkan inovasi aplikasi penginderaan jauh Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer (SPACeMAP) dan Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android (SIPANDORA). 

"Peran penginderaan jauh menjadi komponen kunci dalam pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk pemantauan sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan, penataan ruang, perpajakan, pemetaan dasar, penegakan hukum dan sebagainya," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jawa Timur, Sabtu. 

Aplikasi tersebut akan diluncurkan pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Inderaja di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (30/1).

Kedua sistem tersebut merupakan bentuk kontribusi LAPAN dalam memberikan layanan data dan informasi satelit penginderaan jauh berbasis digital yang cepat, mudah, aman dan populer. 

Selanjutnya, ia mengatakan LAPAN akan terus mengembangkan sistem-sistem lain sampai operasional untuk meningkatkan layanan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Industri 4.0.

Komitmen itu mendukung pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Thomas menuturkan LAPAN siap mendukung pelaksanaan pencapaian SDGs melalui penyediaan data dan informasi satelit penginderaan jauh serta kerja sama dengan kementerian atau lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, pemerintah daerah, perguruan tinggi, badan usaha milik negara, swasta dan organisasi-organisasi terkait di dalam dan luar negeri.

Sejak 2015, setiap Januari, pihaknya menyelenggarakan kegiatan serah terima data satelit penginderaan jauh kepada para pemangku kepentingan dan pengguna di lingkungan instansi pemerintah sebagai bentuk pelaksanaan distribusi data satelit penginderaan jauh yang tersedia di LAPAN. 

Sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara kegiatan keantariksaan, LAPAN merintis Rakornas Citra Penginderaan Jauh sebagai salah satu bentuk implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh. 

Pada 2019, Rakornas tersebut mengusung tema "Penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) era industri 4.0". 

***3***

Baca juga: Lapan keluarkan proyeksi potensi banjir Sulsel

Baca juga: Setelah longsor, bagian Gunung Anak Krakatau muncul

Baca juga: Satelit Lapan A-1 sudah bertahan 12 tahun di orbitnya



 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lapan prediksi Ramadhan dan Idul Fitri akan seragam hingga 2021

Komentar