Kami ingin lebih banyak lagi yang ekspor langsung dari Indonesia timur
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengharapkan ekspor komoditas perikanan nasional yang dikirim ke Jepang tidak hanya didominasi dari wilayah di Indonesia barat, tetapi juga dapat dilakukan oleh kawasan Indonesia timur.

"Saat ini secara tradisional, eskpor perikanan Indonesia banyak dilakukan dari Jakarta, Surabaya dan Bali. Kami ingin lebih banyak lagi yang ekspor langsung dari Indonesia timur," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto dalam acara Forum Investasi Bisnis Indonesia-Jepang di Jakarta, Selasa.

Menurut Rifky Effendi, berbagai daerah di kawasan Indonesia timur yang paling potensial melakukan ekspor langsung ke Jepang antara lain Makassar (Sulawesi Selatan) dan Manado (Sulawesi Utara).

Rifky memaparkan dalam forum investasi bisnis tersebut hadir sebanyak 13 perusahaan yang bergerak antara lain di bidang manufaktur dan logistik, yang diprakarsai oleh Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang (Jetro).

Selain itu, ujar dia, berbagai perusahaan yang hadir dari pihak Republik Indonesia bergerak seperti di bidang prosesing atau pengolahan, angkutan transportasi dan trading.

Sedangkan sejumlah bidang usaha yang berpotensi bisa dikerjasamakan di berbagai daerah di Nusantara misalnya adalah bidang yang terkait dengan rantai pasokan dan pengolahan ikan.

Ia juga berharap forum yang bertemakan "Membentuk Kemitraan untuk Pengembangan Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan", antara pengusaha pihak RI dan Jepang dapat aktif membahas kesempatan melakukan kolaborasi bisnis.

"Mudah-mudahan pagi sampai sore ini bisa bertemu dan menghasilkan kesempatan bisnis yang dieksekusi baik jangka pendek maupun jangka panjang," paparnya.

Dirjen Penguatan Daya Saing KKP juga mengungkapkan bahwa esok hari, delegasi pengusaha yang didatangkan oleh Jetro itu juga dijadwalkan akan berkunjung ke Sulawesi.

Dengan berkunjung ke pulau yang terletak di kawasan Indonesia timur itu, maka diharapkan ke depannya pengusaha dari Negeri Matahari Terbit itu juga bisa memetakan potensi bisnis bersama.

Baca juga: Pengamat: pemerintah perlu bantu persiapan ekspor perikanan

Baca juga: KKP dukung upaya peningkatan ekspor sektor perikanan

Baca juga: Kadin minta volume dan nilai tambah ekspor perikanan dioptimalkan


 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019