Secara sukarela kami menghimpun bantuan masyarakat Biak Numfor untuk bisa disumbangkan kepada ribuan keluarga korban banjir bandang di Kabupaten Gowa dan beberapa kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Selatan
Biak, Papua (ANTARA News) - Warga Kabupaten Biak Numfor, Papua yang tergabung dalam wadah Forum Masyarakat Bugis Makassar (FMBM) bekerja sama dengan Komunitas untuk melestarikan ekosistem Papua (Kumep) menggalang bantuan sosial dana kemanusiaan untuk meringankan korban banjir bandang Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ketua FMBM Biak, H Abdul Wahid di Biak mengakui aksi pengumpulan dana kemanusiaan dilakukan FMBM-Kumep Biak sebagai bentuk nyata kepedulian masyarakat Biak Numfor dalam membantu korban banjir berbagai daerah di Sulsel.

"Secara sukarela kami menghimpun bantuan masyarakat Biak Numfor untuk bisa disumbangkan kepada ribuan keluarga korban banjir bandang di Kabupaten Gowa dan beberapa kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Dia mengatakan untuk waktu pengalangan dana kemanusiaan korban banjir Gowa akan dilakukan selama dua hari pada Selasa dan Rabu, 29-30 Januari 2019.

Abdul Wahid berharap hasil pengalangan dana bantuan kemanusiaan jika telah terkumpul akan disalurkan langsung kepada masyarakat korban banjir di Sulsel.

"Kami mengajak warga Biak Numfor bisa menyisihkan dana untuk membantu korban banjir bandang. Ini merupakan wujud nyata masyarakat dalam meringankan beban penderitaan korban banjir," kata Adul Wahid.

Sementara itu, mantan Bupati Biak Numfor, Yusuf Melianus Maryen, juga yang ikut membantu pengalanan dana kemanusiaan korban banjir di Sulsel sebagai bagian dari pengamalan ajaran agama manapun untuk saling berbagi dalam meringankan penderitaan korban.

"Partisipasi sumbangan masyarakat sekecil apapun sangat bermanfaat guna meringankan penderitaan korban banjir, meski masyarakat Biak Numfor jauh dari tempat kejadian lokasi banjir tetapi kita ikut merasakan kesedihan atas musibah banjir," katanya.

Aksi Pengalangan dana kemanusiaan korban banjir Sulsel yang dimotori FMBM-Kumep Biak dengan cara mengendarkan kotak amal ke rumah warga dan berkeliling di jalan Kota Biak dan pasar Inpres.

Baca juga: Kemensos salurkan Rp1,42 miliar bantuan tanggap darurat ke Sulsel

Baca juga: Bantuan untuk korban banjir Gowa Sulsel mulai berdatangan

Baca juga: Kemensos siapkan Rp555 juta santunan korban banjir di Sulsel

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019