PKK gandeng BPOM sidak jajanan sekolah

PKK gandeng BPOM sidak jajanan sekolah

Olustrasi - Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memeriksa berbagai jenis makanan yang dijual pedagang di dalam mobil laboratorium keliling di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (25/2/2018). Pemeriksaan makanan itu guna memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi masyarakat, sekaligus merupakan rangkaian dari kegiatan mengkampanyekan penggunaan obat dan pangan sehat. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Banda Aceh (ANTARA News) - Tim Penggerak PKK Aceh Tengah menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) inspeksi mendadak (sidak) terhadap jajanan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Takengon.

Tim yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna di Takengon, Selasa, mengambil beberapa sampel makanan yang nantinya akan di uji laboratorium atau pun test kit.

"Ini penting dilakukan, karena untuk menciptakan generasi bangsa yang sehat dan cerdas harus dimulai dengan makanan yang sehat, bebas bahan kimia atau pun pengawet," tambahnya.

Ada pun makanan yang diperiksa seperti bakso, lontong, kerupuk sate dan sejumlah jajanan lainnya.

Ia menjelaskan melalui test kit tersebut nantinya juga akan diketahui apakah jajanan di sekolah mengandung formalin, boraks, atau pun Rhodamin-B serta sejenisnya.

Puan mengatakan sidak yang dilakukan tersebut juga bagian untuk memastikan makanan yang dikonsumsi siswa aman dan bebas dari bahan berbahaya.

Pihaknya akan memantau secara berkelanjutan terhadap jajanan sekolah tersebut guna meminimalisir adanya penggunaan bahan berbahaya dalam jajananan sekolah.*


Baca juga: 33 siswa SD Cirebon keracunan jajanan sekolah

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dinkes Batang temukan makanan mengandung boraks dalam sidak pasar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar