counter

James Ingram, penyanyi R&B peraih Grammy, meninggal dunia

James Ingram, penyanyi R&B peraih Grammy, meninggal dunia

Penyanyi James Ingram hadir pada konferensi pers konser "Julio Iglesias With Special Guest Star James Ingram Live In Jakarta" di Hotel Sultan, Jaksel, Senin (2/13). Penyanyi jazz asal AS tersebut akan berduet dengan penyanyi Indonesia Sherina Munaf di Assembly Hall Jakarta Convention Center pada 3 Desember mendatang. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta (ANTARA News) - James Ingram, pemenang Grammy yang dikenal lewat lagu-lagu R&B terkenal, meninggal dunia pada usia 66 tahun, kata rekan dan koleganya, Selasa (29/1).

"Saya kehilangan teman baik dan partner kreatif James Ingram," kicau Debbie Allen. "Dia akan selalu dikasihi, disayangi dan dikenang karena kejeniusannya, cintanya untuk keluarga dan kemanusiaan."
 
Berasal dari Ohio, penyanyi kenamaan itu mulai berkarir di dunia musik bersama band Revelation Funk, dia kemudian bermain keyboard untuk pionir soul Ray Charles.

Namanya dikenal setelah menyanyikan lagu "Just Once" dan "One Hundred Ways" dalam album yang direkam legenda industri Quincy Jones, seperti dilansir CNA, Rabu.

Ingram mendapatkan tiga nominasi Grammy untuk karya itu, termasuk Best New Artist, dan memenangi kategori Best Male R&B Vocal Performance pada 1981.

Bersama Jones, dia juga menulis lagu ternama Michael Jackson P.Y.T (Pretty Young Thing).

"Tidak ada kata yang bisa mengungkapkan betapa sedih hatiku," cuit Jones. "Dia tidak ada duanya."

Selama berkarir, Ingram mendapatkan 14 nominasi Grammy, dua nominasi Golden Globe dan dua nominasi Oscar, satu untuk duetnya dengan Patti Austin "How Do You Keep the Music Playing?" yang ada di film "Best Friends".

Ingram juga tampil bersama penyanyi Linda Ronstadt membawakan "Somewhere Out There" untuk film animasi musikal "Tail" (1986).

Dia juga berkolaborasi dengan sejumlah musisi papan atas termasuk Donna Summer, Viktor Lazlo dan Natalie Cole.

"Suara Ingram dan kemampuannya menulis lagu punya dampak besar untuk industri musik," tulis Recording Academy, organisasi di balik Grammy, dalam keterangan resmi. "Doa kami untuk orang-orang yang ditinggalkannya pada masa berkabung ini."



Baca juga: Sherina ingin menyerap ilmu dari James Ingram

Baca juga: "Bohemian Rhapsody", film terbaik Golden Globe dengan rating buruk

Baca juga: Komposer Prancis pemenang Oscar Michel Legrand tutup usia

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Oscar Motuloh penerima gelar Empu Ageng pertama di bidang fotografi

Komentar