Jakarta (ANTARA News) - Pelatih ganda campuran pemusatan latihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan memperbanyak porsi latihan bagi pasangan baru Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow jelang keikutsertaan mereka pada tiga turnamen Eropa yaitu Spanyol Masters, Jerman Terbuka, dan All England medio 19 Februari sampai 10 Maret.

"Harusnya mereka saling menyesuaikan karena saya sudah melatih Winny sejak di pelatnas pratama. Saya latih agar dia siap masuk pelatnas utama dan berpasangan dengan Owi (Tontowi)," kata kata pelatih sektor ganda campuran pelatnas PBSI Nova Widianto di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Peningkatan latihan bagi Owi/Winny, menurut Nova, dibutuhkan menyusul pensiunnya tandem Owi yaitu Liliyana Natsir tepatnya pada turnamen Indonesia Masters 2019 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1).

"Pola permainan Tontowi dengan Liliyana tentu akan berbeda ketika Tontowi dengan Winny. Tontowi harus lebih bekerja keras. Kami akan memperbanyak latihan agar mereka mendapatkan pola komunikasi dan cara bermain yang kompak," kata mantan pemain yang mendapatkan medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama Liliyana Natsir itu.

Nova mengharapkan pasangan Owi/Winny dapat segera mengumpulkan poin mereka sendiri sebagai pasangan ganda campuran dan bukan poin dari hasil pertandingan sebelumnya ketika Tontowi bersama Liliyana ataupun Winny bersama Akbar Bintang Cahyono.

"Mereka masih bisa ikut tiga turnamen di Eropa serta tiga turnamen di Asia seperti India Terbuka, Malaysia Terbuka, serta Singapura Terbuka 2019," kata Nova menambah.
Atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri), Praveen Jordan (kedua kiri). Alfian Eko Prasetya (ketiga kiri), Ronald Alexander (ketiga kanan), Hafiz Faizal (kedua kanan) berlatih di pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (30/1). Sektor ganda campuran PBSI akan menurunkan pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow pada turnamen Spanyol Masters, Jerman Terbuka, dan All England 2019. (Antara/Imam Santoso)

Setelah turnamen Singapura Terbuka 2019, menurut Nova, Owi/Winny akan punya poin dari hasil pertandingan mereka sebagai pasangan ganda campuran. Poin itu akan digunakan untuk mengikuti rangkaian turnamen World Tour Super lainnya.

"Mereka minimal bisa masuk pertandingan sampai putaran perempat final dalam tiga turnamen di Eropa dan tiga turnamen di Asia itu," katanya.
Baca juga: Ganda campuran Indonesia ditarget masuk semifinal All England

Para pelatih sektor ganda campuran akan memantau perkembangan penampilan pasangan Owii/Winny hingga All England 2019 meskipun ganda itu akan berlanjut hingga Singapura Terbuka 2019.

"Seandainya kalah pada pertandingan putaran awal, kami akan tetap memastikan bagaimana mereka kalah. Jika mereka kalah misalnya dari pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, kami masih bisa memastikan potensi mereka dalam turnamen berikutnya," ujar Nova.

Namun, ganda Owi/Winny, lanjut Nova, tidak perlu mengikuti turnamen Malaysia Terbuka 2019 dan Singapura Terbuka 2019 seandainya mereka dipercaya tampil dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia pada 23-28 April 2019.

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia akan berlangsung di Wuhan, China setelah penyelenggaraan Singapura Terbuka 2019 pada 9-14 April.
Baca juga: Insting bermain bagus, Winny disebut layak dampingi Owi

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019