Target kita di Kabupaten Bekasi 4.000-an sambungan tapi memang baru dapat 300-an. Ini kan baru awal
Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meresmikan Program Penyambungan Listrik Gratis pada 300-an rumah di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  Rabu. 

Presiden Jokowi secara simbolis meresmikan penyambungan listrik gratis pada empat rumah di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. 

Presiden meresmikan program itu dengan menyalakan listrik dengan menekan tombol di meteran listrik. 

"Target kita di Kabupaten Bekasi 4.000-an sambungan tapi memang baru dapat 300-an. Ini kan baru awal," katanya. 

Ia menilai program tersebut telah tepat sasaran semua yaitu untuk warga tidak mampu.  "Saya lihat rumah-rumah yang mendapat program ini sudah tepat sekali," katanya.  

Kepala Negara berharap dengan program itu masyarakat akan lebih produktif, anak-anak juga bisa belajar dengan baik terutama pada malam hari dengan penerangan yang memadai. 

"Ini kita baru konsentrasi di Jabar,  buban bulan nanti ke Jateng, Jatim," katanya. 

Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakab Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis telah melakukan penyambungan listrik gratis sebanyak 309 rumah untuk keluarga yang tidak mampu di Muara Gembong Kabupaten Bekasi. 

Saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen. Hanya saja, PLN mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (nyantol/levering) lantaran mereka tidak mampu menanggung biaya penyambungan dan instalasi listrik sebesar Rp1 juta. 

Program itu merupakan program nasional. Di wilayah Jawa Barat sendiri tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 rumah. Secara nasional sebanyak 1,2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap. 

“Kenyataannya memang masih ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (levering)," kata Rini.

Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN. 

"Ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah, dan bisa lebih menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya," kata Rini.

Baca juga: Menteri BUMN: Sambungan listrik gratis bantu masyarakat akses listrik lebih murah
Baca juga: Jokowi tinjau sambungan listrik gratis untuk warga Bekasi

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019