Aceh Besar (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi Provinsi Aceh untuk mensosialisasikan kegiatan pendidikan anak, penjagaan kesehatan ibu, serta mempromosikan anti-narkoba.
   
Ibu Negara beserta rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang menumpang pesawat VIP TNI AU mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar pada Kamis sekitar pukul 09.30 WIB.
   
Rombongan telah menempuh penerbangan selama sekitar 2,5 jam dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.
   
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama istri, Diyah Erti Idawati, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dan istri, serta Kapolda Aceh Irjen (Pol) Rio S Djambak dan istri menyambut kedatangan rombongan Iriana beserta anggota OASE.
   
Menurut keterangan Kepala Biro Humas Setda Aceh Rahmad Raden, lokasi pertama yang akan dikunjungi rombongan Ibu Negara yakni tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Permata Hati di Kota Banda Aceh yang dibina oleh PKK Provinsi Aceh.
   
Selain itu, Ibu Negara juga akan mempromosikan bahaya penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang kepada pemuda pemudi Aceh.
   
Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba itu akan diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.
   
Selanjutnya, Iriana akan melakukan diskusi bersama para guru PAUD se-Aceh di AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh.
   
Tidak ketinggalan, untuk menggalakkan penjagaan kesehatan kaum ibu, Iriana juga meninjau pelaksanaan Tes Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) di Puskesmas Meuraxa, Banda Aceh serta menuju Anjong Mon Mata untuk sosialisasi tes Iva, TBC, dan pencegahan penyakit kekerdilan atau "stunting".
   
Sebagai lokasi terakhir yang dikunjungi di Provinsi Aceh, rombongan Ibu Negara meninjau kegiatan kewirausahaan di anjungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Aceh.
   
Dalam kunjungan itu Iriana akan didampingi oleh Mufidah selaku Ketua Umum Dekranas, bersama Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019