KUR pariwisata diarahkan agar bisa diakses pelaku usaha pariwisata terutama yang berada di 10 destinasi prioritas dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata mensosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 100 pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata di Desa Wisata Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizky Ratman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan KUR pariwisata yang berlaku sejak Agustus 2018 dirilis sebagai upaya memperkuat permodalan sekaligus memperluas akses pembiayaan para pelaku usaha khususnya UMKM yang bergerak di bidang pariwsata.

“KUR pariwisata diarahkan agar bisa diakses pelaku usaha pariwisata terutama yang berada di 10 destinasi prioritas dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Wanurejo yang masuk dalam Kawasan Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) merupakan lokasi kedua pelaksanaan sosialisasi setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan di kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Dadang hadir saat kegiatan Sosialisasi dan Coaching Clinic Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor Usaha Pariwisata di Balkondes Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Kamis, (31/1).

Sebagaimana program KUR untuk sektor lain, kredit yang diprioritaskan menyasar pelaku UMKM pada sektor pariwisata tersebut juga ditawarkan dengan bunga ringan sebesar 7 persen pertahun. 

Sementara segmen penyalurannya dibagi menjadi KUR mikro dan KUR kecil. Untuk segmen mikro plafon kredit besarannya maksimal Rp25 juta perdebitur, sedangkan KUR kecil berkisar Rp25 juta – Rp500 juta.

Dadang juga menyebutkan, subsidi bunga yang ditanggung pemerintah untuk segmen mikro sebesar 10,5 persen tanpa ada syarat agunan. Sedangkan untuk KUR kecil, subsidi bunganya 5,5 persen dengan agunan yang ditentukan kemudian.

“Dengan KUR diharapkan pelaku usaha pariwisata bisa naik kelas sehingga masyarakat secara umum meningkat kesejahteraannya dari sektor pariwisata," kata Dadang.

Tercatat di wilayah tersebut, pelaku usaha pariwisata terbagi sebanyak 45 persen merupakan penyedia jasa akomodasi, 15 persen penyedia jasa transporasi, dan sisanya adalah penyedia jasa lainnya. 

Mereka dapat mengakses KUR melalui bank-bank penyalur yaitu Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri. "Kali ini di desa Wanurejo, BRI siap menyalurkan KUR kepada calon nasabah,” kata Dadang.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Asisten Vice President BRI Kanwil Yogyakarta Supriyadi, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, serta Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Kemenpar Mugiyanto.

Asisten Vice President BRI Kanwil Yogyakarta Supriyadi mengatakan, syarat untuk mengakses KUR cukup mudah di antaranya kepemilikan usaha produktif di bidang pariwisata dengan catatan keuangan yang sehat.

"Selama UMKM produktif dan layak enam bulan boleh mengajukan KUR, kami mengundang pelaku di bidang pariwisata memanfaatkannya karena ini skema baru KUR yang dikhususkan untuk UMKM di bidang pariwisata," kata Supriyadi.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019