perusahaan juga membukukan pendapatan pada tahun 2018 sebesar Rp698,58 miliar, tumbuh 16,86 persen dibanding tahun 2017 sebesar Rp597 miliar.
Jakarta (ANTARA News) - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) pada tahun 2018 membukukan laba bersih sebesar Rp21,7 miliar, melonjak signifikan dari laba tahun 2017 yang hanya sebesar Rp9 juta.

"Secara prosentasi kenaikan laba bersih sangat tinggi, mencapai 241.000 persen. Tahun 2018 merupakan 'tahun pertumbuhan' bagi HIN (Hotel Indonesia Natour) yang mencerminkan keberhasilan tranformasi usaha yang dijalankan manajemen," kata Direktur Utama Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Pada saat yang bersamaan, HIN juga membukukan pendapatan pada tahun 2018 sebesar Rp698,58 miliar, tumbuh 16,86 persen dibanding tahun 2017 sebesar Rp597 miliar.

Iswandi menuturkan, peningkatan keuntungan ditopang beberapa program antara lain penataan dan pengembangan berbagai sarana dan fasilitas hotel, peningkatan aspek services/pelayanan, pengembangan budaya perusahaan (corporate culture), pengembangan sistem human capital, serta peningkatan dan pengembangan program pemasaran perusahaan.

Salah satu fokus pengembangan program pemasaran yang dilaksanakan adalah penerapan strategi marketing 4.0, yang diawali dengan pengelolaan customer engagement secara online dan memanfaatkan review dari customers sebagai bahan perbaikan dan peningkatan pelayanan.

Sejalan dengan itu, tingkat okupansi kamar (occupancy rate) HIN melonjak sebesar 6,02 poin menjadi 69 persen dan jumlah kamar yang terjual mengalami peningkatan sebesar 9,97 persen terutama peningkatan tamu turis domestik maupun mancanegara. Penjualan secara online mengalami peningkatan sebesar 40,36 persen.

Selama tahun 2018 HIN juga mendapat kepercayaan menangani sejumlah kegiatan berskala internasional seperti Inviting Asian Games, pertemuan tahunan World Bank-IMF, di mana salah satu hotel HIN, Inaya Putri Bali menjadi hotel resmi bagi para delegasi IMF dan World Bank, serta general assembly event konperensi internasional wanita (UN ICW) di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogjakarta.

Sejalan dengan program transformasi pada tahun 2019 untuk mengembangkan HIN menjadi Leading Company, perusahaan memperkenalkan program loyalti Hotel Indonesia Group Hospitality Rewards.- HIGH Rewards, sebagai apresiasi terhadap para stakeholder serta dalam upaya meningkatkan engagement customers.

Baca juga: Hotel Indonesia Natour segera kelola 12 hotel tambahan
Baca juga: Tahun depan, HIN lebarkan sayap ke luar negeri

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019