Kalau pusat punya target 77,5 persen maka KPU Papua Barat kami naikkan satu digit, yakni 78,5 persen
Manokwari (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat merekrut sebanyak 650 relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat pemilu 2019 di Provinsi Papua Barat.

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana di Manokwari, Kamis, mengatakan, perekrutan dilaksanakan KPU kabupaten/kota dengan jumlah masing-masing 50 orang untuk setiap daerah, yang akan melaksanakan sejumlah peran edukasi terkait kepemiluan di daerah tersebut.

"Ada sepuluh subpokok kegiatan yang akan dilaksanakan di masing-masing daerah. Sepuluh kegiatan tersebut akan dilaksanakan masing-masing lima orang," kata Amus.

Relawan yang direkrut dari masyarakat umum ini akan masuk di seluruh lapisan, antara lain kelompok marginal, disabilitas, pemilih hingga kelompok intelektual, di antara mereka ada pula yang disiapkan sebagai tim informasi dan telekomunimasi (IT).

"Seluruh potensi kita mainkan, sehingga masyarakat di berbagai kalangan memperoleh informasi yang benar tentang pemilu dan demokrasi," ujarnya.

Menurut Amus, perekrutan sudah terlaksana dan para relawan akan bekerja terhitung sejak Januari hingga empat bulan ke depan. Meskipun berstatus relawan mereka akan memperoleh honorarium dari KPU.

Terkait partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019, Amus mengatakan, KPU pusat menarget 77, 5 persen dari total jumlah pemilih, dan pihaknya optimistis Papua Barat mampu melampaui target tersebut.

"Kalau pusat punya target 77,5 persen maka KPU Papua Barat kami naikkan satu digit, yakni 78,5 persen. Kami juga sudah instruksikan kepada KPU kabupaten/kota untuk menaikkan satu digit lebih tinggi dari provinsi menjadi 79,5 persen dari total pemilih di Papua Barat," ujarnya.

Selain partisipasi pemilih, Amus berharap, kehadiran rewalan mampu menangkal segala bentuk hoaks serta ujaran kebencian pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg di daerah ini, sehingga pemilu di Papua Barat berjalan lancar, aman dan damai.

Baca juga: Kualitas dan kuantitas pemilih di tangan relawan demokrasi

Baca juga: KPU berharap relawan demokrasi tumbuhkan kesadaran pentingnya pemilu


 

Pewarta: Toyiban
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019