“Saya mengatakan kepada media sebelum Piala Dunia FIFA 2018 bahwa Piala Asia ini, serta Piala Dunia Rusia dan Copa America 2019, akan menjadi titik balik di periode yang penting bagi sepak bola Jepang."
Jakarta (ANTARA News) - Kapten tim nasional Jepang Maya Yoshida yakin dengan memenangi Piala Asia AFC 2019 akan sangat penting bagi negaranya karena itu bisa menjadi titik balik bagi sepak bola Jepang dalam sebuah periode yang sangat penting.

Jepang akan menghadapi tim muda Qatar di final kejuaraan AFC di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada Jumat (1/2) ketika mereka ingin memenangi gelar Piala Asia kelima mereka dan yang pertama sejak 2011 di Qatar.

Yoshida, yang termasuk dalam skuat pemenang AFC 2011 di Doha, yakin dengan memenangi turnamen ini lagi di Uni Emirat Arab akan sangat membantu sepak bola kembali populer di negara asalnya.

“Saya mengatakan kepada media sebelum Piala Dunia FIFA 2018 bahwa Piala Asia ini, serta Piala Dunia Rusia dan Copa America 2019, akan menjadi titik balik di periode yang penting bagi sepak bola Jepang."

 "Bila kami bisa mendapatkan hasil di sini, itu akan membuat kami lebih diperhatikan di negara asal kami dan itu akan memengaruhi budaya olahraga di Jepang,” kata Yoshida yang dilansir laman resmi AFC pada Jumat.

Bek yang membela klub Liga Premier Inggris Southampton tersebut, yakin kemenangan itu juga akan penting bagi tim nasional di bawah pelatih baru Hajime Moriyasu yang telah mencoba memasukan beberapa pemain muda ke skuat Samurai Biru.

“Saya benar-benar ingin memenangi gelar kelima ini untuk Jepang karena kami adalah skuat yang baik di bawah pelatih hebat serta dengan rekan tim yang bagus," lanjutnya. 

"Sekarang tim berubah menjadi generasi baru, bila kita bisa mendapatkan gelar di sini, itu akan menjadi langkah besar bagi sepak bola Jepang dan sangat berarti bagi kita semua yang terlibat dalam tim."

Pemain berusia 30 tahun ini juga menyambut lebih banyak rekan senegaranya yang pindah ke liga-liga di Eropa dalam beberapa waktu terakhir. 

“Selama delapan atau sembilan tahun terakhir, semakin banyak pemain kami sekarang bermain di luar negeri dan ketika kami melihat skuat untuk turnamen ini, kebanyakan mereka saat ini bermain di liga Eropa, jadi kami telah berkembang secara mental dan ini adalah aset yang bagus untuk sepak bola Jepang.”

Baca juga: Xavi sudah prediksi Qatar bertemu Jepang di final

Baca juga: Hajime Moriyasu puji semangat juang pasukan samurai biru

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019