Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil presiden, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indonesia akan menjadi pusat ekonomi halal dunia dalam beberapa tahun mendatang. Syaratnya, rakyat Indonesia harus menjadi pelaku utama industri halal di negeri sendiri. 
 
"Ekonomi halal ini dahsyat potensinya. Pasarnya mencapai 1,8 miliar populasi muslim di dunia," kata Sandiaga pada acara 'Inisiatiif Indonesia Menang Pusat Ekonomi Halal Dunia'  di Hutan Kota Sangga Buana, Jakarta Selatan, Jumat. 

Dia mengingatkan, Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar dunia jangan sampai tidak mampu memanfaatkan kesempatan untuk menjadi pusat ekonomi halal. 

Bahkan negara lain yang sedikit populasi muslimnya seperti Thailand, Korea, dan Jepang sudah serius menggarap ekonomi halal yang potensinya mencapai Rp3.300 triliun.

Sandiaga menceritakan dirinya sempat berbincang dengan tokoh ekonomi halal dunia asal Indonesia, Prof Dr Irwandi Jaswir. Ia akan meminta bantuan untuk mengembangkam ekonomi halal Indonesia. 

"Potensi negeri ini dahsyat sekali. Tidak hanya alamnya, sumber daya manusianya juga dahsyat. Kita harus jadi pemain, dan jadi pemenang," katanya sambil mengenalkan Irwandi Jaswir yang pernah meraih Penghargaan Internasional Raja Faisal untuk Service to Islam tahun 2018. 

"Target Indonesia dalam lima tahun harus masuk lima besar ekonomi halal dunia. Dan 10 tahun menjadi pusatnya ekonomi halal dunia. Lebih cepat lebih baik, katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019