Jakarta (ANTARA News)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (1/2) malam akan menyampaikan melalui konferensi pers hasil penyelidikan terkait dugaan korupsi pada sektor sumber daya alam (SDA) di daerah Kalimantan.

"Malam ini, KPK akan menyampaikan hasil penyelidikan melalui metode case building di luar OTT (operasi tangkap tangan) dalam dugaan korupsi di sektor sumber daya alam di daerah Kalimantan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat.

Diduga, lanjut Febri, terdapat penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan kerugian negara hingga triliunan rupiah.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa terdapat unsur kepala daerah yang terlibat dalam kasus tersebut.

Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut siapa kepala daerah yang terlibat itu maupun merinci kasus yang menjerat kepala daerah itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyatakan bahwa banyak sekali SDA di Indonesia yang diperjualbelikan dengan murah oleh para pejabat.

"Banyak sekali di Indonesia itu, Sumber Daya Alam itu diperjualbelikan dengan murah oleh para pejabat dan ingat yang bisa ditangkap itu hanya sebagian kecil dari sebagian besar yang belum tertangkap," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam acara diskusi "Melawan Korupsi di Sektor Sumber Daya Alam" di gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/1).

Baca juga: 12 kementerian MoU pencegahan korupsi kehutanan dan SDA

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019