Bagi saya tampilnya Qatar sebagai juara tahun ini bukan suatu kejutan, karena saya tahu sejak awal Qatar memiliki pertahanan yang kuat dan lini serang yang tajam
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim sepak bola nasional Jepang Hajime Moriyasu mengakui bahwa skuat Qatar layak menjadi juara Piala Asia 2019.

"Bagi saya tampilnya Qatar sebagai juara tahun ini bukan suatu kejutan, karena saya tahu sejak awal Qatar memiliki pertahanan yang kuat dan lini serang yang tajam, kata Moriyasu seperti dikutip laman resmi AFC, Sabtu.

Jepang yang sudah empat kali menjuarai Piala Asia, akhirnya tumbang oleh Qatar 1-3 pada final Piala Asia 2019 di Abu Dhabi Uni Emirat Arab, Jumat malam.

"Mereka melakukan serangan balik yang cepat, dan dapat juga menggerakkan bola untuk membuka peluang. Pelatih Qatar (Felix Sanchez) tampak juga sedang membangun sebuah tim yang bagus untuk Piala Dunia 2022, kata Moriyasu.

 
Pelatih tim sepak bola Qatar Felix Sanchez Bas merayakan kemenangan bersama pemain usai menang di final Piala Asia 2019 melawan Jepang di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/2/2019). Qatar menang 3-1 atas Jepang dan untuk kali pertama menjadi kampiun dalam Piala Asia. ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Jadallah/foc.



Moriyasu juga menyebut kekalahan pada pertandingan final tersebut menjadi tanggung jawabnya.

Ia mengakui start timnya kurang bagus dan gagal menemukan irama permainan sehingga Qatar dapat menguasai babak pertama.

"Tujuan kami datang kesini adalah menjadi juara, saya tentunya kecewa. Namun saya tetap bangga dengan tim kami. Saya berterima kasih kepada para pemain senior yang ikut membina para pemain muda," katanya.

Menurut Moriyasu, timnya mendapat pengalaman berharga dari Piala Asia ini karena mereka telah menghadapi berbagai tim dengan berbagai tipe strategi.

Baca juga: Qatar juara Piala Asia 2019

Baca juga: Juarai Piala Asia, Qatar percaya diri menuju Piala Dunia

Baca juga: Daftar juara Piala Asia, Jepang tetap terbanyak

 
Pesepak bola Qatar Hasan Al Haydos mengangkat piala bersama rekannya saat merayakan kemenangan mereka di final Piala Asia 2019 melawan Jepang di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/2/2019). Qatar menang 3-1 atas Jepang dan untuk kali pertama menjadi kampiun dalam Piala Asia. ANTARA FOTO/REUTERS/Suhaib Salem/foc.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019