counter

Kementerian ESDM berikan bantuan Lampu Tenaga Surya untuk warga Sumba Tengah

Kementerian ESDM berikan bantuan Lampu Tenaga Surya untuk warga Sumba Tengah

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang (kanan) menyerahkan simbolisasi LTSHE kepada salah satu perwakilan warga

Sumba Tengah (ANTARA News) -- Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan bantuan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk masyarakat Desa Umbu Kawolu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah, Jumat.

Bantuan LTSHE diberikan untuk 48 KK. Menurut Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang, bantuan dari pemerintah ini merupakan wujud program Nawa Cita yang menyasar daerah-daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan).

Melalui bantuan LTSHE ini, Parulian berharap rumah-rumah masyarakat tidak lagi gelap, karena akan terbantu dengan lampu tenaga surya hemat energi tersebut. “Saya juga berharap dengan bantuan ini ekonomi di daerah ini juga akan terus tumbuh,” lanjutnya.

Ia juga meminta masyarakat yang menerima bantuan dapat menjaga dan memanfaatkan lampu tersebut sebaik-baiknya. Parulian juga kagum dengan semangat masyarakat Umbu Kawolu yang memanfaatkan panel tenaga surya untuk kebutuhan perkebunan. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Desa Umbu Kawolu, Sthepanus. Menurutnya, Desa Umbu Kawolu cukup luas, mencapai 18 km persegi yang mencakup empat dusun, dengan KK sebanyak 194 dan jumlah jiwa sebanyak 1.108 orang.

“Melalui bantuan ini, tentu kami sangat berterima kasih karena ini seperti telaga di tengah gurun pasir,” tuturnya. Sthepanus menambahkan, sejak nenek moyangnya berdiri di desa tersebut, belum pernah ada penerangan sama sekali. 

“Sehingga, tak berlebihan kalau saya menyebut ini sebagai pelepas dahaga, karena baru kali ini kami bisa menikmati penerangan dengan lampu tenaga surya ini,” ujarnya di depan masyarakat desa.

Ia juga berharap, ke depannya pemerintah terus mengembangkan sumber energi di desa tersebut. Menurutnya, ada potensi yang bisa digali di Desa Umbu Kawolu ini, misalmnya tenaga energy tenaga air. “Di sini terdapat air terjun dengan ketinggian 30 meter, tentu ini bisa dimanfaatkan,” harapnya.

Sejak 2017 ada 5 provinsi yang dibantu program LTSHE seperti, Maluku, NTB, Papua, Riau, dan Papua Barat. Pada 2018, program LTSHE diperluas menjadi 16 provinsi. Sebanyak 172.996 unit LTSHE dibagikan secara cuma-cuma untuk masyarakat di 1.610 desa di seluruh Indonesia. Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan 4.284 unit yang dibagikan di 9 kabupaten. Sebanyak 513 unit diperuntukkan di Kabupaten Sumba Tengah.

Acara penyerahan LTSHE dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Tengah, Daniel Landa dan Albertus Susetyo Edi Prabowo, Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur, Kementerian ESDM.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar