Jakarta (ANTARA News) - Barcelona dan Valencia berbagi poin setelah mereka bermain imbang 2-2 pada laga lanjutan La Liga di Camp Nou, Barcelona, Sabtu.

Lionel Messi menyelamatkan muka Barcelona di kandang dengan menyumbangkan dua gol penyeimbang, demikian laman resmi La Liga pada Minggu dini hari.

Awal yang positif bagi Valencia ketika mereka mengejutkan penonton yang memadati Camp Nou lewat sejumlah peluang dari Daniel Parejo yang masih bisa diselamatkan kiper Ter Stegen dan tendangan Denis Cheryshev yang masih membentur tiang gawang.

Barcelona tampak berbahaya ketika memegang bola namun Valencia bisa saja membuka keunggulan di lima menit awal pertandingan.

Carles Alena mendapat hadiah tendangan bebas setelah dilanggar Denis Cheryshev. Lionel Messi yang melakukan eksekusi mengirim bola melewati pagar betis namun masih bisa dihalau Neto.

Valencia menunjukkan mengapa lini pertahanan mereka solid musim ini dengan menghalau sejumlah peluang gol Barcelona.

Barcelona yang justru kecolongan bola dikejutkan oleh serangan balik Valencia di menit 24. Umpan terobos Rodrigo Moreno disambut Kevin Gameiro yang lolos dari penjagaan bek Barcelona dengan sebuah tendangan keras kaki kanan yang kali ini menjebol gawang Ter Stegen.

Delapan menit kemudian, wasit menghadiahkan penalti kepada Valencia setelah Sergi Roberto melakukan pelanggaran kepada Daniel Wass di dalam kotak penalti.

Daniel Parejo yang menjadi eksekutor mengonversi penalti menjadi gol kedua Valencia.

Tak lama setelah gol kedua, Valencia harus menarik Gameiro yang cedera karena kepalanya berbenturan dengan Pique dan menggantinya dengan Ferran Torres.

Tertinggal dua gol, Barcelona yang memiliki penguasaan bola lebih baik tampak kesulitan untuk mencari celah di lini belakang Valencia.

Neto mampu menyelamatkan dua tembakan beruntun dari para pemain Barcelona menjelang turun minum.

Satu gol untuk Barcelona di paruh pertama pertandingan diciptakan Lionel Messi dari titik putih setelah wasit menghadiahkan penalti karena Nelson Semedo dijegal Toni Lato.

Ernesto Valverde yang tidak puas dengan hanya satu gol membuat pergantian pemain di awal paruh kedua dengan memasukkan Jordi Alba untuk menggantikan bek kiri Nelson Semedo.

Carles Alena yang tampil solid di lini tengah Barca, membuat peluang di menit ke-53 dengan tembakan keras dari luar kotak, namun lagi-lagi Neto mampu menjaga gawangnya.

Baru pada menit ke-63, Messi kembali menjebol gawang Neto untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak memanfaatkan assist dari Arturo Vidal.

Malcom yang masuk menggantikan Coutinho belum mampu menambah gol bagi Barcelona.

Barcelona memiliki semua momentum setelah menyamakan kedudukan, namun semua serangannya dimentahkan lini belakang Valencia hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan hasil tersebut, Barcelona masih kokoh di puncak klasemen dengan 50 poin, unggul enam poin dari Atletico Madrid di peringkat dua.  Sementara Valencia naik satu peringkat ke peringkat tujuh dengan 30 poin.

Baca juga: Dikaitkan dengan klub-klub Inggris, Rakitic buka suara
Baca juga: Hancurkan Sevilla 6-1, Barcelona melaju ke semifinal Copa del Rey


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019