Jakarta (ANTARA News) - Dua pebalap Yamaha MotoGP,  Valentino Rossi dan Maverick Vinales, menilai tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, bukan sekadar pemanasan sebelum mengarungi 19 seri balapan pada musim 2019 yang akan dibuka di Qatar, 10 Maret.

Kedua pebalap itu menilai bahwa ujicoba di Sepang merupakan titik krusial guna mencoba kekuatan mesin sepeda motor YZR-M1.

Segenap pebalap MotoGP akan melanjutkan tes pramusim di Sepang pada Rabu (6/2), dengan harapan dapat menemukan komposisi yang tepat antara gaya berkendara dengan kecepatan dan kemampuan bermanuver pada sepeda motor.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang hadir di Jakarta guna memperkenalkan tim Monster Energy Yamaha MotoGP serta corak (livery) baru pada sepeda motor Yamaha YZR M1, mengatakan bahwa tes di Sepang adalah kesempatan untuk membuktikan hasil kerja tim selama persiapan.

"Tes yang akan datang di Sepang sangatlah penting, karena ini adalah kesempatan pertama bagi tim untuk bersama-sama mencoba segala hal yang telah dikerjakan oleh Yamaha sepanjang musim dingin," kata Valentino Rossi kepada pewarta di Four Season Hotel, Jakarta, Senin.

Rossi yang genap berusia 40 tahun pada 16 Februari nanti mengatakan Tim Yamaha telah bekerja maksimal agar bisa meningkatkan performa kendaraan pada musim ini.

"Kinerja kami meningkat menjelang akhir musim lalu, tetapi kami masih perlu membuat beberapa langkah besar lagi, jadi kami harus mulai bekerja keras," kata Rossi yang merupakan penggemar klub sepak bola Italia, Inter Milan.

Baca juga: Rossi dan Vinales kenalkan "livery" baru Yamaha YZR-M1 di Jakarta

Rossi yang mengaku tetap berlatih di sela-sela waktu istirahat musim dinginnya, mengatakan sudah tidak sabar memulai musim balapan MotoGP 2019.

"Saya telah meluangkan sedikit waktu untuk bersantai dan berlatih dalam beberapa bulan terakhir ini, tetapi seperti para penggemar, saya sudah tidak sabar untuk memulai musim baru," katanya.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales, juga mengatakan bahwa balapan ujicoba di Sepang merupakan kesempatan pertama untuk melihat hasil kerja tim.

"Kesempatan pertama untuk melihat sejauh mana kita melangkah adalah saat tes di Sepang. Saya menantikannya, karena saya memiliki harapan tinggi untuk tahun ini," kata Vinales.

Sama seperti Rossi, Vinales memanfaatkan libur musim dingin untuk tetap berlatih demi menyongsong musim balap 2019.

"Musim dingin adalah kesempatan yang baik untuk mempersiapkan musim 2019. Saya punya waktu untuk bersantai dan relaksasi, tetapi bagian terbaiknya adalah tetap melaksanakan latihan, jadi saya telah siap untuk kembali mengendarai M1," kata Vinales.

"Tahun lalu kami mengakhiri musim dengan cara yang sangat baik, jadi penting untuk menjaga momentum tersebut dan bersiap menghadapi balapan pertama di Qatar pada bulan Maret nanti," ujar dia.

Setelah balapan pramusim di Sepang pada 6-8 Februari, tes pramusim akan digelar di Qatar pada 23-25 Februari, sebelum balapan perdana musim 2019 di Sirkuit Losail Qatar pada 10 Maret.

Baca juga: Suzuki luncurkan GSX-RR untuk MotoGP musim 2019

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019