Tokyo (ANTARA News) - Armada taksi yang mampu mengakomodasi kaum difabel pengguna kursi roda diperkenalkan di Jepang pada Senin (4/2).

Unit taksi ramah difabel itu akan tersedia sebanyak 10.000 unit, sejalan dengan target Pemerintah Kota Tokyo guna menyiapkan seperlima dari total populasi taksi, sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade pada April 2020, dilansir NHK, Senin.

Sebelumnya, Kementerian Transportasi Jepang menerima laporan bahwa untuk menyiapkan akses masuk ke mobil bagi pengguna kursi roda, seorang sopir membutuhkan waktu sekira 15-20 menit, sehingga banyak armada yang menolaknya.

Untuk itu, Toyota Motor Jepang meluncurkan model taksi yang lebih mudah untuk memasukkan penumpang berkursi roda ke dalam mobil.

 
Konsep Taksi Jepang untuk akses masuk kursi roda (Toyota Global)


Pejabat perusahaan menjelaskan, sebelumnya pengemudi harus melakukan 63 langkah untuk memasukkan kursi roda ke dalam mobil.

Namun pada mobil baru ini, supir taksi hanya memerlukan 24 langkah untuk melayani penumpang berkursi roda. Hal itu memungkinkan pengemudi berpengalaman memasukkan penumpang hanya dalam waktu tiga menit.

Kendaraan model itu mulai dijual pada Maret tahun ini.

Toyota juga berencana menawarkan kepada pemilik taksi untuk memodifikasi kendaraan lamanya dengan desain baru secara gratis.
 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019