Tahun ini kita akan mencoba memasyarakatkan bacaan Al Quran dengan mengadakan lomba dari tingkat RT hingga kelurahan
Oleh Agus Wira Sukarta dan Dian Hadiyatna

Bandarlampung, (ANTARA News) - Wali Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Herman HN ingin memasyarakatkan gerakan membaca Al Quran mulai dari tingkat rukun tetangga (RT) hingga kelurahan di wilayah "Kota Tapis Berseri" itui.

"Tahun ini kita akan mencoba memasyarakatkan bacaan Al Quran dengan mengadakan lomba dari tingkat RT hingga kelurahan," katanya pada acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-50 tingkat Kota Bandarlampung, di Stadion Pahoman, Senin malam.

Menurutnya perlombaan tersebut selain untuk menyaring kader-kader qari dan qariah, juga sebagai bentuk penyemangat dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari, yang menjadikan Al Quran sebagi pedoman hidup bermasyarakat.

Hal itu, katanya, sesuai tema MTQ sebagai sarana pendalaman makna ajaran Al Quran dan sebagai inspirasi pembangunan bangsa yang berkarakter religius.

Herman mengatakan, selain itu peran pesantren juga sangat penting dalam mencetak kader-kader qari dan qariah serta tokoh masyarakat yang ke depannya dapat bersaing, baik tingkat provinsi dan nasional membawa nama Bandarlampung.

Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQ Ke-50 tingkat Kota Bandarlampung, Bagus Harisma Bramadio, yang juga Camat Enggal, berharap dengan di gelarnya MTQ ini, ke depannya dapat menumbuhkan insan-insan yang mempunyai kecintaan terhadap agama Islam.

Selain itu senantiasa menjalankan isi dan kandungan dari Al Quran, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, maupun berbangsa, sehingga kelak tercapai masyarakat yang beriman dan bertaqwa serta religius.

Bram menyebutkan dalam acara MTQ yang akan berlangsung sejak 5 hingga 7 Februari mendatang, diikuti oleh 636 peserta dari 20 kecamatan dan memperebutkan juara dari berbagai cabang MTQ yang diperlombakan.

"Kita sediakan enam mimbar yang tersebar dalam tiga tempat," katanya.

Bram menambahkan, akan ada satu mimbar perlombaan di Stadion Pahoman, tiga mimbar di masjid, yaitu masji Al- muslimin, Al- Amin dan Ar - Ruhammah, serta dua mimbar di sekolah dasar (SD) yaitu SD Negeri 2 Dan MTS Negeri 1 Rawa Laut.

Baca juga: Lampung buka Universitas Terbuka Al-quran Internasional

Pewarta: Agus Wira Sukarta dan Dian Hadiyatna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019