Menko Kemaritiman ucapkan selamat Tahun Baru Imlek

Menko Kemaritiman ucapkan selamat Tahun Baru Imlek

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Antara News/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2570 dan mengharapkan agar tahun ini membawa keberlimpahan yang berkah bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Seluruh keluarga besar Kemenko Bidang Kemaritiman mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2570, semoga tahun baru ini membawa semua kemakmuran yang melimpah bagi kita, negara, dan masyarakat Indonesia," kata Luhut dalam akun media sosial Kemenko Kemaritiman di Jakarta, Selasa.

Menko Maritim mengutarakan harapannya agar perayaan ini diisi dengan kedamaian di seluruh wilayah Tanah Air.

Selain itu, ujar dia, penting pula untuk mengingat agar setiap kalangan warga saling mendukung dan mendoakan.

Sebagaimana diwartakan, umat Konghucu di berbagai daerah harus menjaga semangat kebersamaan dengan umat lainnya melalui pemaknaan atas momentum Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili/2019 Masehi.

"Kami menyampaikan Selamat Hari Raya Imlek 2570 Kongzili atau 2019 Masehi. Jaga kebersamaan," kata Kepala Pusat Pembinaan dan Pendidikan Konghucu Kementerian Agama M. Mudhofir saat dihubungi Antara. 

Dia mengatakan terdapat tiga elemen yang menguatkan pelayanan bagi penganut Konghucu di Indonesia di antaranya umat keagamaan, lembaga sosial keagamaan, dan pemerintah.

Bagi unsur terkait, kata dia, menjaga kebersamaan itu menjadi modal untuk melayani umat. Menurut dia, umat, lembaga keagamaan, dan pemerintah menjadi satu kesatuan yang menentukan kebersamaan.

Sinergi tiga unsur tersebut, kata dia, memainkan peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Pelayanan umat terdiri dari tiga elemen yang bekerja bersama-sama. Umatnya bergerak, lembaga sosial keagamaan, dan pemerintah harus hadir," kata dia.

Terkait dengan banyaknya perbedaan di tengah masyarakat, Mudhofir berharap umat Konghucu dapat turut menjaga kerukunan, baik secara personal maupun kelembagaan.

"Hal itu penting bagi keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Baca juga: Hari Raya Imlek, Anies Baswedan datangi Vihara Dharma Bhakti

Baca juga: Barongsai hibur penumpang Stasiun Jakarta Kota

Baca juga: Atraksi barongsai meriahkan perayaan Imlek di Jayapura

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Festival Cap Go Meh tingkatkan perekonomian di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar