Jakarta (ANTARA News) - Beberapa vihara di Jakarta menjadi tempat wisata budaya warga Jabodetabek saat liburan Tahun Baru China atau Imlek 2570. 

Meskipun tidak merayakannya, warga asal Bogor Dion dan Azizah mengatakan sengaja menggunakan kesempatan liburan kali ini untuk melihat umat Tridharma sembahyang di Vihara Dharma Sakti, Glodok, Jakarta, Selasa. 

"Memang sengaja liburan kali ini ke Glodok untuk melihat meriahnya perayaan Imlek, sambil menyicipi makanan khas Imlek," kata Azizah. 

Kue keranjang menjadi salah satu makanan khas Imlek yang diincar oleh Azizah dan Dion, mereka juga menikmati air bambu dan kue bulan.

Dion mengatakan dirinya senang melihat suasana Imlek yang didominsasi hiasan berwarna merah. Dari perayaan ini dirinya juga belajar bahwa orang Tionghoa sangat menghargai leluhurnya.

Dari pantauan Antara, vihara-vihara di sekitar Glodok padat dikunjungi orang untuk berwisata, mereka membawa sanak saudara untuk sekedar melihat upacara ataupun berfoto.

Tak lupa mereka menggunakan baju merah agar senada dengan umat Tridharma.

Rahmad Warodoyo, warga Tanggerang yang datang sendirian sengaja menggunakan baju berwarna merah ke vihara Dharma Bhakti.

"Namanya lagi Imlek, saya juga pakai baju warna merah," kata dia.

Dia sengaja datang ke sana untuk berburu foto saat mereka sedang sembahyang dan juga ingin melihat atraksi barongsai.

Seorang siswa SMA, Trias Politika bersama tiga temannya juga menyempatkan liburan untuk mengunjungi vihara Dhamra Jaya. Dirinya ke sana untuk mengerjakan tugas sekolah sambil liburan.

"Ini pertama kali saya ke vihara, saya jadi tahu budaya orang-orang Tionghoa saat merayakan Imlek," kata dia. 

Baca juga: Barongsai meriahkan Imlek di Klenteng Kong Miao

Baca juga: Matakin: Imlek merupakan hari besar keagamaan bukan kebudayaan

Baca juga: Matakin berharap Presiden Jokowi hadiri perayaan Imlek nasional


 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019