Jakarta (ANTARA News) - Ajang penghargaan Oscars 2019 tak akan punya host untuk pertama kalinya dalam tiga dekade ini setelah Kevin Hart mengundurkan diri.

HuffPost pada Selasa (5/2) melansir Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya memilih untuk tidak memiliki host, ABC Entertainment PR dan juru bicara akademi mengatakan kepada ABC News.

Akademi tidak segera menanggapi permintaan komentar HuffPost.

Komedian Kevin Hart mengundurkan diri menjadi host Oscars menyusul serangan balik atas komentar-komentar homofobik dia di masa lalu.

Akademi tersebut memilih Hart pada awal Desember untuk menjadi host Academy Awards ke-91 setelah pencarian yang panjang di tengah menurunnya peringkat untuk siaran tahunan.

Penunjukkan Hart dengan cepat mendapat kecaman, dengan adanya tweet dan lelucon komedian sebelumnya yang mengungkapkan soal homofobia.

Hart, yang pernah hadir pada upacara-upacara Oscar sebelumnya, awalnya menawarkan permintaan maaf di tengah tekanan yang meningkat dari akademi untuk mengatasi tweet.

"Saya tidak akan melanjutkan untuk kembali ke masa lalu ketika saya melanjutkan hidup, dan saya sudah jadi orang yang berbeda sekarang," kata Hart dalam sebuah video di Instagram. "Aku akan tetap menjadi aku; aku akan mempertahankan posisi saya. "

Beberapa jam kemudian, dia menawarkan permintaan maaf yang lebih mantap dan mengatakan dia mengundurkan diri sebagai pembawa acara pada 24 Februari.

"Saya telah membuat pilihan untuk mundur dari menjadi tuan rumah Oscar tahun ini .... ini karena saya tidak ingin menjadi pengalih perhatian pada malam yang harus dirayakan oleh begitu banyak artis berbakat yang luar biasa," tulisnya di Twitter. "Saya dengan tulus meminta maaf kepada komunitas LGBTQ atas kata-kata tidak sensitif saya dari masa lalu saya."

Saran untuk host pengganti Oscars berlimpah di minggu-minggu berikutnya. Tetapi Variety melaporkan bulan lalu bahwa Oscar akan mencoba format baru tanpa host, dengan para produser akan mendelegasikan peran pembawa acara ke sejumlah bintang papan atas yang akan memperkenalkan berbagai segmen.

Variety juga melaporkan academy akan mengisi kekosongan host dengan sandiwara dan segmen musik.

Terakhir kali Oscar tidak ada host-nya adalah Academy Awards ke-61pada Maret 1989, yang dibuka dengan pertunjukan musikal yang banyak dicela, dibintangi Rob Lowe dan Snow White.


Baca juga: Alfonso Cuaron, sutradara "Roma" sabet DGA Awards

Baca juga: Kevin Hart bersedia kembali jadi host Oscars

Baca juga: Komedian Kevin Hart akan jadi "host" Academy Award 2019

Baca juga: Lady Gaga, Rami Malek dan sederet selebriti hadiri Oscar Nominees Luncheon


 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2019