counter

Human Initiative salurkan bantuan untuk 1.122 penerima manfaat di Jeneponto

Human Initiative salurkan bantuan untuk 1.122 penerima manfaat di Jeneponto

Human Initiative menyalurkan bantuan untuk para penyintas bencana banjir di Kabupaten Jeneponto. (Human Initiative/HO)

Jakarta (ANTARA News) - Banjir dan tanah longsor yang melanda Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Selasa (22/1) menyebabkan 13 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sulawesi Selatan mengalami dampak kerugian material dan immaterial salah satunya adalah wilayah Kabupaten Jeneponto.

Human Initiative dalam siaran persnya menyatakan telah menyalurkan bantuan berupa layanan kesehatan, dapur air, dapur umum, cooking set, hygiene kits, school kits dan kebutuhan mendesak lainnya untuk para penyintas di wilayah terdampak. 

Hamka Abdi Kusuma selaku Koordinator Program Respon Banjir Jeneponto mengatakan bahwa sebanyak 1.122 penerima manfaat yang berada di Kabupaten Jeneponto telah menerima bantuan dari Human Initiative. 

"Human Initiative telah menyalurkan bantuan kepada 1.122 penerima manfaat berupa layanan kesehatan, support makanan siap saji, dapur air, cooking set, hygiene kits, food item, school kits dan evakuasi penyintas," kata Koordinator Program Respon Banjir Jeneponto, Hamka Abdi Kusuma.

Tim Emergency Response Human Initiative mendata bahwa ada 4 dusun yang terkena dampak banjir di wilayah Jeneponto yaitu Dusun Sapanang, Dusun Sapiri, Dusun Gandi dan Dusun Sarowanging.

"Jumlah dusun yang terkena dampak banjir sebanyak 4 dusun yakni Dusun Sapanang, Dusun Sapiri, Dusun Gandi dan Dusun Sarowanging. Saat ini tim melakukan assessment di lokasi terparah yakni Dusun Sapanang," ujar Koordinator Program Respon Banjir Jeneponto, Hamka Abdi Kusuma.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data terakhir pada Jumat (1/2)kemarin bahwa tercatat ada 79 orang meninggal dunia, 1 orang hilang, 46 orang luka-luka, dan 9.429 orang mengungsi akibat banjir dan tanah longsor.

Selain jumlah penyintas yang terus bertambah, BNPB juga merilis data bahwa ada 559 unit rumah rusak, 22.156 unit rumah terendam, 12 unit tempat ibadah rusak, dan 70 fasilitas pendidikan rusak dan kerugiaan material lainnya. 

Sampai saat ini Human Intiative akan terus membantu para penyintas dengan menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak.

Human Initiative mengajak seluruh masyarakat untuk turut berkontribusi dengan cara berdonasi melalui website di SolusiPeduli.org atau kunjungi pos Human Initiative yang berada di depan rumah Kepala Desa Sapanang yang bertepat di Bantaulu, Dusun Sapanang Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar