Lawan memang lebih kuat tapi mereka tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah
Jakarta (ANTARA News) - Tim tenis putri Indonesia harus mengakui keunggulan tim Korea Selatan 0-3 dalam pertandingan pertama pool B Piala Fed Grup I Zona Asia Oceania di Astana, Kazakhstan, Rabu.

"Para pemain sudah tampil maksimal. Lawan memang lebih kuat tapi mereka tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah. Perolehan skor lawan atas tim Indonesia pada setiap gim sangat ketat," kata Kapten Tim Putri Indonesia Deddy Tedjamukti dalam keterangan tertulis Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) yang diterima Antara di Jakarta, Rabu malam.

Pada sektor tunggal, petenis Merah-Putih Aldila Sutjiadi kalah dari Jang Su Jeong 3-6, 2-6. Sedangkan tunggal lain Indonesia Beatrice Gumulya takluk dari Han Na Lae 6-7(4), 4-6.

Pada nomor ganda, pasangan Deria Nur Haliza/Jessy Rompies juga harus menelan kekalahan. Mereka dipaksa menyerah dari Kim Na Ri/Jeong Sunam 5-7, 2-6.

Tim Fed Indonesia akan menghadapi tim Pasifik Oseania yang juga merupakan tim promosi dalam kejuaraan beregu putri Zona I Asia Oseania, pada Kamis (7/2). Pada laga pertama pool B, tim Pasifik Oseania takluk dari tim China 0-3.

"Saya sangat optimistis tim kami mampu mengalahkan tim Pasifik Oseania dengan memenangi dua  pertandingan tunggal. Mereka punya satu petenis dengan peringkat di atas Beatrice ataupun Aldila, tapi saya tetap yakin tim kami menang," ujar Deddy.

Indonesia masih punya peluang untuk tetap bertahan pada Piala Fed Grup I Zona Asia-Oseania pada 2020 jika berhasil memetik kemenangan atas tim Pasifik-Oseania pada laga kedua pool B.

Namun, tim putri Tanah-Air harus menang dalam pertandingan "relegation play-off" atas tim peringkat ketiga pool A. Tim Thailand dan tim India berpeluang menempati posisi ketiga pada pool A.

Laga Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania menggunakan format pertandingan dua tunggal dan satu ganda. Petenis pelapis dari masing-masing tim akan bertanding pada laga pertama. Kemudian, pertandingan antara petenis utama dan laga nomor ganda sebagai penutup.

Tim yang meraih kemenangan pada Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania itu akan mendapatkan promosi ke Play Off Grup Dunia. Sedangkan tim yang kalah pada pertandingan yang berlangsung 6-9 Februari 2019 itu akan terdegradasi ke Grup II Zona Asia Oseania.

Baca juga: Putri Indonesia runner-up kualifikasi Fed Junior 2018

Baca juga: Indonesia dipastikan ke babak dunia Fed Junior

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019