Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis, karena bank-bank besar melonjak dan juga didukung oleh kenaikan luas di sebagian besar indeks.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 66,40 poin atau 1,10 persen menjadi 6.092,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 67,30 poin atau 1,10 persen menjadi 6.159,10 poin.

"Keuntungan telah berbasis luas di bursa lokal dengan semua sektor, kecuali utilitas, di wilayah positif," kata analis pasar Commsec, James Tao, dikutip dari Xinhua.

Keuangan memimpin kenaikan dengan semua pemberi pinjaman utama lebih tinggi, namun selama sore hari perdagangan saham National Australia Bank dihentikan sementara sambil menunggu perubahan kepemimpinan.

"Material-material juga terus membaik karena kenaikan harga-harga komoditas," kata Tao.

"Harga bijih besi telah naik mendekati tertinggi dua tahun, karena kekurangan pasokan mendukung harga."

Perusahaan energi AGL sangat membebani sektor utilitas, jatuh 4,78 persen dilatarbelakangi pendapatan setengah tahunan.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 2,01 persen, ANZ naik 1,70 persen, dan Westpac Bank naik 1,06 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP turun 0,31 persen, Fortescue Metals naik 0,99 persen, Rio Tinto naik 1,34 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,16 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat, dengan Oil Search naik 1,14 persen, Santos naik 1,53 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,17 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi, dengan Coles turun 1,13 persen, dan Woolworths naik 0,60 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas meningkat 1,24 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 2,00 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan meluas
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019