Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memulihkan layanan komunikasi yang sempat terganggu usai peristiwa kebakaran yang terjadi di area STO Pattimura Ambon pada Selasa (5/2).

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, mengatakan hingga saat ini layanan IndiHome, voice dan data telah kembali normal.

Sementara untuk layanan seluler Telkomsel secara cakupan sudah pulih, namun masih terus dilakukan upaya peningkatan kualitas melalui rekonfigurasi jaringan yang terdampak gangguan.

"Saat ini kami terus berupaya meningkatkan kualitas layanan TelkomGroup yang berangsur pulih pasca peristiwa. Telepon rumah, layanan data dan IndiHome sudah sepenuhnya kembali normal," kata Arif.

Arif menjelaskan layanan ATM yang sempat ikut terdampak gangguan juga telah pulih sepenuhnya. Begitu pun dengan layanan online korporasi seperti pemesanan tiket dan transportasi online

Upaya pemulihan layanan TelkomGroup ini didukung kerja sama berbagai pihak, seperti catuan listrik dan penyediaan mobile genset dari PLN, unit Pemadam Kebakaran, aparat Kepolisian serta TNI yang dengan sigap ikut mengamankan lokasi terdampak.

Demikian juga perhatian dari Pemerintah Daerah setempat yang dipimpin oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang melakukan kunjungan langsung ke lokasi kejadian.

"Kami berterima kasih terhadap seluruh pihak yang telah mendukung upaya kami selama masa pemulihan layanan. Atas nama perusahaan, kami mohon maaf kepada masyarakat apabila masih dirasakan ketidaknyamanan selama proses pemulihan berlangsung," ungkap Arif.

Seperti diketahui, Gedung PT Telkom Indonesia Witel Maluku di Ambon terbakar pada Selasa (5/7) pagi dan menyebabkan jaringan telekomunikasi di kota itu sempat terputus selama kurang lebih 10 jam.

Gedung Telkom di Jalan Pattimura Ambon itu terbakar pada pukul 10.25 WIT di Sentral Telepon Otomat (STO) dan berdampak pada terputusnya jaringan komunikasi di kota Ambon.
Baca juga: Telkom prioritas pemulihan layanan komunikasi di Ambon
Baca juga: Gedung Telkom Ambon terbakar, jaringan telekomunikasi sempat terputus

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019