Oleh Roy Rosa Bachtiar
 

Jakarta, (ANTARA News) -  Pemain sepak bola  yang menjadi legenda klub Liverpool, yaitu Vladimir Smicer, memberikan sesi pelatihan singkat bagi anak-anak di Jakarta sebagai bentuk dukungan pengembangan sepak bola di dalam negeri.
   
Pada kegiatan yang diinisiasi AXA Mandiri di Jakarta, Jumat, pesepak bola asal Republik Ceko itu melatih dan memberikan arahan serta tips kepada puluhan anak-anak dari sejumlah lembaga pelatihan sepak bola.
   
"Olahraga adalah hidup saya, untuk menjaganya saya tetap melakukan  kegiatan seperti hoki es, renang, tenis, dan badminton, untuk menjaga stamina," kata Vladi saat ditanya cara untuk menjaga stamina di usianya yang kini menginjak 45 tahun.
   
Selain itu, ia juga sangat memperhatikan asupan makanan dan minuman agar terhindar dari masalah kesehatan mengingat usianya yang tidak lagi muda.
   
Pada acara  tersebut tidak lupa ia bagikan kepada para anak-anak yang mengikuti sesi pelatihan, sehingga bisa menginspirasi dan mendorong semangat mereka agar bisa menjadi pemain sepak bola profesional.
   
"Harus kerja keras untuk menjadi pemain profesional, baik secara fisik dan mental pun harus kuat. Termasuk lakukan latihan rutin dan asupan makanan," pungkas Vladi menambahkan.
   
Tidak lupa ia juga menceritakan kisah hidupnya dari masa kecil hingga akhirnya mencapai tingkat pemain profesional kepada peserta latihan, agar menjadi inspirasi positif.
   
 "Saya main dari umur enam tahun di desa, sekitar umur 13 atau 14 tahun saya mulai berpikir untuk serius di sepak bola dan berkarir di jalur ini. Dan di umur 18 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk menandatangani kontrak di klub sepak bola dan meninggalkan pilihan untuk kuliah," katanya menceritakan.***3***

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019