Presiden kenakan baju pangsi tinjau Alun-alun Cianjur

Presiden kenakan baju pangsi tinjau Alun-alun Cianjur

Presiden kenakan baju pangsi meninjau Alun-alun Cianjur salah satunya berjalan di Lorong Asmaul Husna (Hanni Sofia)

Presiden sini ingin membuktikan, melihat sendiri Alun-alun Kabupaten Cianjur seperti apa
Cianjur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Sunda, pangsi, lengkap dengan penutup kepala saat meresmikan dan meninjau Alun-alun Cianjur, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Alun-alun Cianjur, Jumat, untuk meresmikan dan meninjau kawasan yang baru selesai dibangun tersebut.

"Saya ke sini ingin membuktikan, melihat sendiri Alun-alun Kabupaten Cianjur seperti apa, meskipun belum lihat semuanya tapi saya tadi lirak-lirik memang bagus," kata Jokowi.

Ia berharap Alun-alun yang disebut terbaik se-Jabar oleh Gubernur Ridwan Kamil itu akan menjadi inspirasi bagi daerah lainnya.

"Ini akan jadi inspirasi. Sehingga nanti 514 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia mau kita update sedikit-sedikit biar kaya Alun-alun Cianjur," katanya.

Presiden menyebut alun-alun tersebut sebagai ruang publik sekaligus ruang sosial, ruang budaya, dan ruang demokrasi.

Bahkan sejak dahulu, fungsi alun-alun untuk memenuhi hal-hal itu.

"Ini adalah ruang publik, alun alun adalah ruang publik, ini adalah ruang sosial, ini adalah ruang budaya, ini adalah ruang demokrasi juga. Dari dulu alun-alun memang fungsinya seperti itu," katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi meninjau Alun-alun yang berlokasi di depan Masjid Agung Cianjur dan berjalan di Lorong Asmaul Husna.

Di taman alun-alun Cianjur itu terdapat satu tugu yang berbentuk Alquran, para pelaku UMKM yang menjajakan beragam panganan khas, dan para pelukis yang berkarya di seputaran alun-alun.

Saat peninjauan tersebut dipertunjukkan seni dan budaya maenpo atau silat Cianjur, musik Sunda, egrang, gasing, dan lain-lain oleh masyarakat setempat.

Anggota TNI/Polri pun turut memeriahkan dengan melakukan atraksi bela diri bersama.

Presiden menyempatkan untuk bermain gasing dengan anak-anak kemudian duduk menikmati pertunjukan seni maenpo.

Ia kemudian turun ke arena untuk bisa melihat dan berinteraksi lebih dekat dengan seniman yang sedang beraksi.

Presiden didampingi sejumlah pejabat di antaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Mensesneg Pratikno, Koordinator Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pesantren, target Aminuddin Ma’ruf sebagai Staf Khusus Presiden

Komentar