Jakarta (ANTARA News) - Berbekal prinsip dari ungkapan Latin klasik: Age si quod agis, yang artinya jika engkau mengerjakan sesuatu, kerjakanlah itu dengan baik,  Ole Gunnar Solskjaer menyabet penghargaan sebagai manajer terbaik untuk Januari 2019 versi Barclays.

Solskjaer mempersembahkan penghargaan itu kepada para pemain dan staf pelatih Manchester United.

Manajer sementara Manchester United itu terus memotivasi para pemain agar memberi penampilan terbaik bagi klub, dengan meraih kemenangan demi kemenangan di ajang Liga Inggris.

"Artinya, penghargaan bulanan ini ditujukan bagi staf pelatih dan para pemain yang telah bekerja demikian baik," kata Solskjaer.

"Kami bertekad meraih kemenangan di setiap pertandingan, kami ingin terus memperbaiki peringkat di daftar klasemen. Dan hal ini sudah dan terus diwujudkan," katanya sebagaimana dikutip dari laman premierleague.

Solskjaer meniti karier bermain selama 12 tahun bersama dengan Manchester United, dengan meraih enam gelar Liga Inggris.

Dengan begitu, ia tidak terlalu kesulitan melakukan adaptasi dengan kultur bermain klub berjuluk Setan Merah itu.

"Saya tahu betul dengan kultur klub ini, kultur para pemain dan mereka bertekad meraih sukses. Ini yang sungguh membantu saya," katanya.

"Saya berkerja bersama dengan staf pelatih yang hebat, saya harus menyebutkan, mereka adalah Kieran [McKenna], Michael [Carrick]. Mereka sosok yang brilyan."

"Emilio Alvarez bekerja bagi penjaga gawang terbaik di dunia dan peran Micky [Phelan] sungguh membantu saya, penampilannya demikian tenang dan ia punya segudang pengalaman."

"Anda tidak akan menjadi pemimpin atau manajer yang baik, tanpa para pemain baik. Para pemain berperan demikian penting. Dengan begitu, mereka siap merespon apa yang kami nyatakan. Mereka pemain yang fantastis, dengan demikian penghargaan ini diberikan bagi mereka."

Solskjaer menyisihkan manajer Burnley Sean Dyche dan manajer Southampton Ralph Hasenhuttl.

Solskjaer menjadi warganegara Norwegia pertama, baik sebagai pemain atau manajer, yang mampu meraih penhargaan bulanan di atmosfer Liga Inggris.

Baca juga: Di hadapan bos Manchester United, Solskjaer paparkan visi jangka panjang

Baca juga: McClaren predksi Manchester United tunjuk Solskjaer sebagai manajer tetap

Baca juga: Drama kepemimpinan, Mourinho vs Solskjaer
 
 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019