Laut di Maluku Tenggara banyak dicemari sampah, terutama sampah plastik, dan salah satu titik pencemaran di wilayah Elat, Kei Besar
Langgur, Maluku (ANTARA News) - Bupati Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati Petrus Beruatwarin bersama beberapa pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD), aparat TNI Polri, para pelajar sekolah dan  masyarakat secara gotong royong membersihkan sejumlah kawasan di Elat, ibu kota Kecamatan Kei Besar.

Kerja bakti dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tenggara pada Jumat pagi, diawali dengan apel bersama di pelabuhan Elat.

"Hari ini kami kerja bakti di Elat, tujuannya menciptakan pola hidup bersih di tengah masyatakat," kata Thaher di Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara

Dia mengaku sudah beberapa kali mengatakan bahwa pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan prihatin pada pencemaran lingkungan laut di Maluku Tenggara.

"Sesuai pemaparan Dirjen, laut di Maluku Tenggara banyak dicemari sampah, terutama sampah plastik, dan salah satu titik pencemaran di wilayah Elat, Kei Besar. Selain kerja bakti bersama, momen ini juga merupakan wadah silaturahim Pemda Maluku Tenggara dengan unsur TNI/Polri dari Koramil dan Polsek Kei Besar," katanya.

Kawasan yang dibersihkan di antaranya lokasi pengiringan, pasar, dan lingkungan perumahan warga di Elat.

Pada kesempatan itu, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, juga menyempatkan diri untuk membeli sejumlah dagangan hasil tani masyarakat di daerah itu.

Setelah itu, bupati bersama rombongan termasuk Dandim 1503 Tual, Letkol (Arh) Yoyo Karyo dan Wakapolres Malra, Denni Ubro meninjau Puskesmas Watsin dan gedung rawat inap Puskesmas Wakol.

Baca juga: Potensi Bahari-Sosbud Kei Besar digali melalui Ekspedisi Zooxanthellae

Baca juga: 20-an Desa di Maluku Tenggara terendam rob

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019