Sorong  (ANTARA News) - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu, namun tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Kaimana berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) terjadi pada 04.30 WIT dengan kedalaman sembilan kilometer.

Lokasi gempa pada koordinat 3.64 Lintang Selatan dan 134.6 Bujur Timur yang berjarak 92 km Timur Laut Kabupaten Kaimana.

Sedangkan gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Manokwari berkekuatan 3,9 SR terjadi pada 07.28 WIT dengan kedalaman 22 km.

Lokasi gempa pada koordinat 1.01 Lintang Selatan dan 134.49 Bujur Timur yang berjarak 49 km di laut tenggara Kabupaten Manokwari.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Kaimana tersebut.

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019