Solo (ANTARA News) - Ketua Dewan Pengarah Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Khofifah Indar Parawansa mengatakan ibu-ibu JKSN bisa belajar dari "resep" ibunda Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, yang mempunyai putra berprestasi cemerlang.

"Ibu-ibu JKSN bisa belajar bagaimana `resepnya` ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, mempunyai putra bernama pak Jokowi, yang berawal menjadi wali kota, kemudian naik Gubernur, dan sekarang Presiden dengan prestasi cemerlang," kata Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara Deklarasi JKSN se-Solo Raya di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah,  Sabtu.

Pada acara deklarasi JKSN yang dihadiri Khofifah yang juga Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu, hadir pula ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, bersama tiga putrinya, Iit Sriyantini, Ida Yati, Titik Relawati serta ribuan kiai dan santri se-Solo Raya.

"Mudah-mudahan Allah memudahkan semua langkah pak Jokowi menjadi Presiden pada periode 2019-2024," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan pernah ke lokasi Freeport dan Blok Mahakam. Dulu dikuasasi perusahaan asing, kemudian disebutkan, pak Jokowi antek asing. Ternyata sekarang terjadi sebaliknya, aset-aset yang tadinya dikuasi asing, oleh pak Jokowi dikembalikan ke pangkuan Ibu Pertiwi," kata Khofifah.

"Saya yakin kiai dan santri yang hadir di acara deklarasi JKSN merupakan hamba Allah yang pandai mensyukuri nikmat Allah, dan Allah akan menambahkan kenikmatan yang lebih besar," kata Khofifah.

Selain itu, kata Khofifah, soal pembangunan jalan tol dari Surabaya ke Solo sekarang hanya ditempuh tidak sampai dua jam. Sampaikan kepada mereka yang kurang bisa mensyukuri nikmat Allah.

Khofifah mengatakan JKSN merupakan jaringan kiai santri bersifat rasional, mereka yang tidak ikut dengan relawan-relawan lain bisa bergabung di sini.

JKSN sebetulnya dari pondok pesantren, NU, santri-santri yang tidak terbangun secara struktural dalam kanal-kanal afiliasi atau pertalian politik. Mereka bisa melakukan sampai tahapan implementatif atau suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terinci di JKSN ini.

"Jadi, sebenarnya prosesnya seperti itu, berjalan secara nasional. Bahkan, beberapa pimpinan NU di luar negeri datang untuk melakukan deklarasi seperti di Malaysia, Taiwan dan Hong Kong," katanya.

Menurut dia, di Malaysia punya potensi suara sekitar 600 ribu, Hong Kong 300 ribu. Mereka mendukung deklarasi untuk Jokowi-Ma`ruf Amin.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: JKSN siap sukseskan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019
Baca juga: Khofifah dorong keterwakilan generasi milenial di legislatif
Baca juga: Ribuan kiai-santri ikuti deklarasi pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019