Depok (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya berdialog dengan warga yang tinggal di sekitar Situ Pladen Kecamatan Beji Depok Jawa Barat, Minggu, untuk menyelesaikan masalah kebersihan lingkungan.

Warga yang tinggal di sekitar situ mengeluhkan perihal kebersihan di sekitar Situ Pladen yang dinilai sudah sangat tidak layak sehingga memengaruhi kehidupan warga.

Warga menyebut Situ Pladen sudah mengalami pendangkalan oleh sampah rumah tangga. Selain air situ yang sudah menghitam, aroma yang tidak nyaman juga tercium di sekitar situ.
 
Bahkan warga mengaku air tanah dengan radius 500 meter sampai 1 kilometer dari Situ Pladen juga sudah tidak bisa digunakan untuk keperluan makan dan minum.
 
Hingga kini, beberapa aliran sungai yang menuju Situ Pladen juga selalu mengalirkan sampah yang menyebabkan pendangkalan danau.
 
Menteri Siti berkomitmen Kementerian LHK akan melakukan normalisasi Situ Pladen hingga menjadi wilayah yang layak untuk ditinggali.
 
“Kita selesaikan bareng-bareng. Di danau lain yang sudah seperti cendol saja airnya bisa kita bersihkan,” kata Siti.
 
Masyarakat meminta penyelesaian permasalahan Situ Pladen mulai dari normalisasi, pembebasan lahan warga yang sudah tidak memungkinkan, hingga menjadikan lokasi situ sebagai tempat aktivitas warga.

Baca juga: Pemerintah siapkan gerakan tangani pencemaran plastik
Baca juga: Menteri LHK mengajak kalangan dunia usaha terkait skema Perhutanan Sosial

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019