counter

Menteri LHK: normalisasi situ perlu kerja bersama semua pihak

Menteri LHK: normalisasi situ perlu kerja bersama semua pihak

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (tengah) menanam pohon di Situ Pladen Depok, Jawa Barat, Minggu (10/2/19). Penanaman pohon tersebut demi penyelamatan situ yang beralih fungsi serta memperbaiki kualitas air tanah dan resapan. ANTARA FOTO/ Kahfie kamaru/ama.

Depok (ANTARA News ) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan normalisasi Situ Pladen di Depok Jawa Barat yang terdapat berbagai masalah lingkungan memerlukan kerja bersama dari semua pihak terkait mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Menteri Siti yang berdialog mengenai masalah lingkungan dengan masyarakat sekitar Situ Pladen Kecamatan Beji Depok, Minggu, mengatakan banyak permasalahan di situ tersebut yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Dia mengatakan akan mengundang berbagai unsur pemerintah untuk berdiskusi menyelesaikan permasalahan lingkungan di Situ Pladen mulai dari pemerintah pusat, sekda provinsi, pemerintah kota, kelurahan, masyarakat, aktivis, perusahaan swasta maupun BUMN, dan akademisi.

Dari pertemuan tersebut nantinya diharapkan dapat menghasilkan rencana utama untuk normalisasi Situ Pladen.

“Minggu depan kita mulai rapat untuk langkah-langkahnya. Mohon dukungan dan restu kita selesaikan bersama sama,” kata Siti.
 
Dia menerangkan upaya normalisasi yang paling segera dilakukan bisa dengan melakukan Gerakan Kebersihan warga, menanam pohon, hingga alat penyerap limbah dan sampah dari KLHK.

Menteri Siti mengidentifikasi beberapa permasalahan lingkungan di Situ Pladen mulai dari sampah, air bersih di sekitar situ, penerangan, ruang hijau di sekitar situ, termasuk akses dan pembuatan taman di sekitar situ untuk aktivitas warga.

Dalam dialog bersama Menteri LHK, warga di sekitar Situ Pladen mengeluhkan lingkungan yang semakin memburuk di sekitar danau mulai dari sampah, air tanah yang tidak layak konsumsi, hingga banjir. 

Baca juga: Menteri LHK ajak masyarakat Bogor merawat lingkungan
Baca juga: Menteri: kualitas lingkungan hidup naik 6,63 persen

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar