counter

250 gempa getarkan Filipina selatan sejak Jumat

250 gempa getarkan Filipina selatan sejak Jumat

Dua orang perawat membawa bayi yang baru lahir saat mereka berlindung di bawah meja saat simulasi gempa bumi di Rumah Sakit Dokter Manila, Filipina, Rabu (21/11). (REUTERS/Romeo Ranoco )

Manila (ANTARA News) - Hampir 250 gempa terus menggetarkan sebuah kota kecil di Provinsi Surigao del Norte di Filipina selatan sejak Jumat (8/2), kata Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), Minggu.

Sebuah gempa berkekuatan 5,5 Magnitudo yang muncul pada pukul 06.21 waktu setempat tercatat sebagai gempa terkuat pada Minggu. Gempa tersebut mengguncang bagian utara General Luna, yaitu sebuah kota di Provinsi Surigao del Norte, pada kedalaman 44 kilometer.

Phivolcs menambahkan bahwa sudah 60 gempa susulan yang tercatat pada Minggu.

Gempa 5,9 Magnitudo pada Jumat pukul 07.55 setempat mengguncang bagian tenggara Kota General Luna pada kedalaman 19 kilometer.

Pada Sabtu, General Luna juga digetarkan lebih dari 130 gempa.

Institut tersebut mengatakan getaran-getaran itu, yang berawal dari gempa tektonik, diperkirakan tidak akan menimbulkan kerusakan.

Hingga Minggu sore, tidak ada laporan dari badan-badan penanggulangan bencana di Filipina soal kerusakan yang ditimbulkan gempa.

Baca juga: Warga Kepulauan Talaud dan Sangihe-Sulut merasakan gempa 7,1 SR di Filipina

 
Sumber: Xinhua-OANA
Penyunting: Tia Mutiasari/Eliswan Azly

Pewarta:
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar