Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggaraan Piala Srikandi seri II Jakarta akan menjadi ajang awal seleksi tim bola basket putri nasional menyusul persiapan Indonesia mengikuti SEA Games 2019.

"Kami berharap seri kedua Piala Srikandi ini akan berlangsung kompetitif tanpa ada pemain yang terkena cedera. Penyelenggaraan Piala Srikandi ini menjadi sarana untuk seleksi awal pembentukan tim bola basket putri nasional menuju SEA Games Filipina pada akhir tahun nanti," kata Ketua Koordinator Piala Srikandi 2018-2019 Dedy Setiawan dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu malam.

Dedy berharap para pemain mengeluarkan seluruh kemampuan mereka menyusul persaingan ketat pada pertandingan seri pertama Piala Srikandi yang berlangsung di GOR Merpati Bali, pada November 2018.

Sebanyak tujuh klub bola basket putri akan saling berhadapan dalam liga putaran kedua itu. Ketujuh tim itu adalah Tanago Friesian Jakarta, Scorpio Jakarta, Merpati Bali, Flying Wheel Makassar, Tenaga Baru Pontianak, Sahabat Semarang, serta GMC Cirebon.

Pertandingan derbi antara Tanago dengan Scorpio pada Sabtu (16/2) pukul 19.20 WIB akan menjadi puncak pertandingan seri Jakarta yang akan berlangsung di GOR Grogol, Jakarta Barat, pada Senin (11/2) hingga Sabtu (16/2). Laga derbi Jakarta itu menjadi laga ke-100 selama penyelenggaraan Piala Srikandi.

Namun, tim-tim lain juga telah menyiapkan diri mereka demi mencapai puncak klasemen sementara yang saat ini dikuasai Tanago Friesan Jakarta sebagai tuan rumah seri II.

"Kami akan memperbaiki kekurangan kami pada seri sebelumnya. Para pemain sudah melakukan latihan di GOR Grogol karena lokasi latihan para pemain kami terpisah, ada yang berlatih di Pontianak dan ada yang berlatih di Jakarta," kata manajer tim Tenaga Baru Pontianak Yenny Simorangkir.

Sementara, tim Flying Wheel Makassar Eddy Winarso beharap dapat mencuri satu hingga dua kemenangan dalam seri II di Jakarta. "Kami ingin mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri yang terjadi pada seri sebelumnya," kata Eddy.

Pemain tim Merpati Bali Pratita Cita mengaku persiapan timnya lebih baik dibanding ketika menjadi tuan rumah pada seri pertama November 2018. "Kami bekerja keras untuk mencapai hasil yang lebih baik dibanding seri pertama," kata Cita yang mengaku bersiap memberikan balasan kepada tim Tanago dari hasil laga seri pertama di Bali.

Pemilik klub Tanago Friesian Yos Paguno selaku tuan rumah Piala Srikandi seri kedua mengatakan pertandingan liga bola basket putri itu akan diawali dengan kejuaraan daerah bola basket 3x3. "Kejurda 3x3 itu menjadi syarat untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional 2020. Tapi, kejurda itu juga akan meramaikan Piala Srikandi seri Jakarta," kata Yos.

Baca juga: Derbi Jakarta jadi pertandingan ke-100 bola basket Piala Srikandi
 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019