counter

Pemerintah segera normalisasi Situ Pladen Depok

Pemerintah segera normalisasi Situ Pladen Depok

Seorang petugas kebersihan sedang mengangkut sampah yang ada di dasar Situ Pladen di Kecamatan Beji Depok, Minggu (10/2/2019). Situ Pladen memiliki beberapa masalah lingkungan seperti sampah hingga pencemaran air tanah. (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan segera menjalankan upaya normalisasi Situ Pladen di Depok, Jawa Barat, yang saat ini menghadapi masalah pencemaran, sampah dan pendangkalan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat meninjau Situ Pladen, Minggu (10/2), menyatakan akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait untuk mengatasi masalah Situ Pladen yang berkenaan dengan pencemaran sampah dan limbah, pendangkalan, pertanahan, hutan kota, edukasi dan sarana-prasarana.

Dalam siaran persnya, ia menjelaskan beberapa kegiatan teknis  bisa secara langsung dikerjakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun ada beberapa kegiatan lain yang merupakan otoritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, dan Badan Pertanahan Nasional.

Penanganan masalah Situ Pladen, ia melanjutkan, juga melibatkan pemerintah Kota Depok serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta membutuhkan dukungan badan usaha milik negara dan swasta.
  
Siti merencanakan koordinasi cepat, kemungkinan mulai pekan ini, guna mengambil langkah untuk mengatasi masalah situ tersebut.
  
"Terima kasih atas dukungan masyarakat dan para aktivis serta akademisi yang sudah menyatakan akan memberikan sumbang pemikiran dan kerja dalam upaya ini," katanya.

Dia juga menekankan pentingnya gotong-royong dalam mengatasi masalah yang sudah kronik pada situ-situ yang ada di Depok.

"Kita akan mulai Setu Pladen dulu," ujarnya.
  
Baca juga:
Menteri LHK: normalisasi situ perlu kerja bersama semua pihak
Menteri LHK dialog dengan warga sekitar situ di Depok

 

Pewarta: Sri Muryono
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar