counter

Bukan hanya Ariana Grande, ini alasan sejumlah musisi top tak hadiri Grammy

Bukan hanya Ariana Grande, ini alasan sejumlah musisi top tak hadiri Grammy

Pasangan JAY-Z dan Beyonce (Instagram/@beyonce)

Jakarta (ANTARA News) - Bukan hanya Ariana Grande yang tak hadir untuk penghargaan Grammy ke-61, karena cekcok dengan produser Grammy Awards. Ternyata terdapat sejumlah penyanyi top seperti Beyonce hingga Rihanna yang juga tak tampak di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (10/2).

Alasannya macam-macam, mulai dari soal logistik sampai malas datang karena tak masuk nominasi.

Ada juga yang tak datang karena ingin membuat pernyataan setelah adanya kesalahan dan pengabaian sejarah oleh Recording Academy.

Berikut daftar artis besar yang tak datang di Gramy ke-61 dilansir Time, Minggu (10/2):

Beyonce

Setelah album "Lemonade" dikalahkan album "25" milik Adele pada tahun 2017, Beyonce ogah menghadiri Grammy. Meskipun ia dinominasikan bersama suaminya Jay-Z untuk album bersama mereka "Everything Is Love" tahun ini.

Taylor Swift

Swift memiliki sejarah Grammy yang kuat, dia menyabet 10 trofi termasuk Album of the Year pada tahun 2016 untuk album "1989".

Namun album terbarunya, "Reputation", kurang dapat apresiasi dari Recording Academy tahun ini dengan hanya satu nominasi kategori genre.

Swift tak pernah lagi muncul di Grammy sejak memborong piala di 2016. Meskipun dia tidak pernah membuat pernyataan publik tentang perasaannya terhadap Recording Academy. Selain itu, dia disebut-sebut memang sedang sangat sibuk,  saat ini dia berada di London, merekam film adaptasi musikal "Cats".

Ariana Grande

Ini merupakan tahun yang gila bagi Grande; setelah merilis "Sweetener" pada tahun 2018 - dan menerima nominasi Grammy untuk Album Vokal Pop Terbaik - ia merilis album lengkap "thank u, next", pada hari Jumat sebelum Grammy 2019. Meskipun Grande adalah salah satu kisah terbesar tahun lalu dalam musik, dia tidak tampil Grammy.

Grande berselisih paham dengan produser Grammy Awards Ken Ehrlich.

Pada Kamis (7/2) Ariana Grande mengunggah tangkapan layar artikel wawancara Associated Press dengan Erhlich, di mana ia dikutip "merasa sudah terlambat untuk menyatukan sesuatu untuk pertunjukan."

Menanggapi itu Ariana merasa kesal dan mencuit: "Saya tutup mulut, tetapi sekarang Anda berbohong tentang saya," tulisnya di Twitter.

Ariana mengaku bisa saja menyiapkan show hanya dalam satu malam. Padahal dia sudah menyiapkan tiga lagu yang berbeda untuk tampil di malam Grammy Awards.

Menanggapi tudingan Ariana Grande yang menyebutnya pembohong, Produser Grammy Awards Ken Ehrlich tersinggung.

Drake

Drake memuncaki daftar tangga lagu streaming musik Juggernaut selama bertahun-tahun, termasuk pada tahun lalu. Album "Scorpion" miliknya bahkan menerima sejumlah nominasi top termasuk Album of the Year.

Tapi dia lebih memilih melewatkan Grammy; sekali-kalinya dia muncul di Grammy adalah di tahun 2013, jauh sebelum dia mencapai puncak kesuksesan musik rapnya.

Menurut laporan New York Times baru-baru ini, Recording Academy meminta Drake tampil, tetapi ia menolak tawaran itu.

Kendrick Lamar

Lamar sukses menyabet 12 Grammy tetapi tidak pernah berhasil meraih penghargaan tertinggi, meskipun dinominasikan untuk Album of the Year tiga kali, termasuk tahun ini (berkat soundtrack "Black Panther").

Meski dia tampil di Grammy di tahun-tahun sebelumnya termasuk tahun 2018 lalu, tahun ini dia dilaporkan menolak undangan untuk tampil.

Childish Gambino

Pada tahun 2018, album "Awaken, My Love!" milik Donald Glover siap untuk menyabet penghargaan terbesar di Grammy.

Dia bernyanyi di atas panggung dan kalah. Kini dia merilis album yang sangat politis "This Is America" yang berpotensi menang besar dalam kategori Record dan Song of the Year. Namun Glover dilaporkan menolak undangan pertunjukan Recording Academy.

Rihanna

Rihanna sudah sering menampilkan momen-momen Grammy yang mengesankan dan menang hampir selusin kali dalam perjalanan kariernya sejauh ini.

Tapi itu sudah tiga tahun sejak dia merilis album terakhirnya, "Anti" yang banyak dipuji. Sementara itu, dia sibuk meluncurkan merk kecantikan dan mode.


Baca juga: Michelle Obama beri kejutan di Grammy 2019

Baca juga: Ariana Grande menangkan album vokal pop terbaik Grammy

Baca juga: BTS gagal bawa pulang piala Grammy

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar