counter

Bola Voli

Samator wajib sapu bersih laga "final four" di Malang

Samator wajib sapu bersih laga "final four" di Malang

Pebola voli putra Surabaya Bhayangkara Samator, Yuda Mardiansyah Putra (kiri) melepaskan smes yang dihadang pebola voli Jakarta Pertamina Energi, Hernanda Zulfi (tengah) pada pertandingan Final Four putaran pertama bola voli Proliga 2019 di Gor Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019) malam. Surabaya Bhayangkara Samator menang dengan skor 3-0 (25-22), (25-19), dan (24-21). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Surabaya (ANTARA News) - Juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator wajib menyapu bersih tiga kemenangan dengan poin sempurna pada babak empat besar (final four) putaran kedua Proliga 2019 di GOR Ken Arok, Malang, 15-17 Februari.

Menurut pelatih Surabaya Bhayangkara Samator Ibarsjah Djanu Tjahjono, kemenangan dengan poin sempurna dalam tiga laga di putaran kedua akan membuat posisi timnya cukup aman menembus partai final.

"Untuk aman ke final, kami harus bisa sapu bersih. Memang tidak mudah, tapi kami akan berupaya semaksimal mungkin dan memotivasi anak-anak untuk tampil `fight`," katanya dihubungi di Surabaya, Senin.

Pada "final four" putaran pertama di GOR Jayabaya Kediri, Jawa Timur, 7-9 Februari, Samator yang pernah enam kali merebut gelar juara Proliga hanya mampu merebut satu kemenangan atas Jakarta Pertamina Energi dengan skor 3-0 di laga terakhir.

Sementara pada dua laga lainnya, Randy Tamamilang dan kawan-kawan menelan kekalahan dari Jakarta BNI 46 dan Palembang Bank SumselBabel masing-masing dengan skor 1-3.
Baca juga: Jakarta BNI tumbangkan Samator

Baca juga: Samator dalam tekanan usai telan kekalahan kedua


Dari hasil itu, Samator sementara menghuni peringkat ketiga dengan nilai 3, di bawah Jakarta BNI 46 yang mengumpulkan nilai 8 dan Palembang Bank SumselBabel dengan nilai 7.

Ibarsjah mengatakan, dari hasil evaluasi selama putaran pertama, anak asuhnya masih sering bermasalah pada servis, blok dan "receive" (penerimaan bola pertama).

"Dua pertandingan awal kami kalah karena servis, receive dan blok tidak bagus. Saat pertandingan ketiga ada perbaikan dan kami bisa menang. Jadi, waktu tersisa sebelum laga putaran kedua akan saya memanfaatkan untuk membenahi ketiga hal tersebut," paparnya.

Mantan pelatih tim nasional itu menambahkan bahwa sekecil apapun peluang untuk merebut tiket final Proliga harus tetap dimaksimalkan oleh anak asuhnya.

Sementara itu, pelatih Jakarta BNI 46 Samsul Jais bersyukur timnya bisa menyapu tiga kemenangan di putaran pertama final four, sehingga jalan menuju partai final semakin besar.

"Di Malang nanti, kami akan bermain `step by step` saja, tapi setiap pertandingan tentu tim ingin menang dan bisa maju ke final di Yogya. Tapi, paling tidak dengan tiga kemenangan di Kediri sudah membuka peluang kami menuju ke sana," kata mantan pemain nasional itu.

Sedangkan pelatih Palembang Bank SumselBabel Pascal Wilmar menegaskan bahwa timnya masih membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengamankan tiket menuju partai puncak.

"Sekarang sudah punya modal dua kemenangan dan tambahan poin satu, kalau di Malang bisa menang dua kali, maka posisi kami aman," ujarnya.

Berikut jadwal pertandingan tim putra pada babak empat besar putaran kedua di Malang:

1. Jumat (15/2)

- Jakarta BNI 46 vs Surabaya Bhayangkara Samator 09.00 WIB
- Jakarta Pertamina Energi vs Palembang Bank SumselBabel 15.00 WIB

2. Sabtu (16/2)

- Jakarta BNI 46 vs Palembang Bank SumselBabel 12.00 WIB
- Jakarta Pertamina Energi vs Surabaya Bhayangkara Samator 16.00 WIB

3. Minggu (17/2)

- Surabaya Bhayangkara Samator vs Palembang Bank SumselBabel 12.00 WIB
- Jakarta BNI 46 vs Jakarta Pertamina Energi 14.00 WIB 

Pewarta:
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar