counter

Dassault Systemes perkenalkan 3DEXPERIENCE.WORKS

Dassault Systemes perkenalkan 3DEXPERIENCE.WORKS

CEO Dassault Systemes Bernard Charles berbicara di depan ribuan peserta pertemuan tahunan SOLIDWORKS World 2019 di Dallas, Texas, AS, Senin (11/2). (Anton Santoso)

Dallas, AS (ANTARA News) - SOLIDWORKS World 2019, ajang pertemuan tahunan komunitas disain dan rekayasa 3D dari seluruh dunia, dibuka secara resmi pada Senin (11/2) di Dallas, Texas, Amerika Serikat.

Sekitar 6.000 peserta memenuhi ruang utama Kay Bailey Convention Center untuk mendengarkan presentasi dari CEO Dassault Systemes SOLIDWORKS Gian Paolo Bassi.

Dalam sesi umum pertama, Paolo mengumumkan bahwa SOLIDWORKS World, yang kini memasuki tahun ke-21 penyelenggaraan, akan berubah nama menjadi 3DEXPERIENCE World pada tahun depan. Dia meyakinkan perubahan itu tidak akan meninggalkan spirit yang telah dibangun komunitas 3D tersebut.

Paolo mengatakan di awal kemunculannya, banyak pakar meragukan SOLIDWORKS karena sebelumnya tidak ada piranti lunak 3D yang dapat dioperasikan pada perangkat komputer biasa. Berkat teknologi yang semakin maju, SOLIDWORKS ternyata berhasil menjawab keraguan itu.

Paolo juga memanfaatkan sesi tersebut untuk memperkenalkan 3DEXPERIENCE.WORKS yang memungkinkan tim disainer untuk merencanakan, merancang, mensimulasi dan membuat produk dalam satu platform tunggal. Platform tersebut diciptakan untuk menyasar bisnis skala kecil dan menengah.

"Misi kami adalah membangun solusi bagi perusahaan dan individu untuk mengharmonisasikan produk, alam dan kehidupan," kata dia.

Bernard Charles, CEO Dassault Systemes, perusahaan induk SOLIDWORKS, menambahkan bahwa kebutuhan perusahaan kecil dan menengah terhadap solusi digital terus meningkat tapi dihadapkan pada persoalan mencari solusi yang tepat dan sesuai dengan ukuran bisnis mereka.

"Dengan memperkenalkan 3DEXPERIENCE.WORKS, kami persembahkan platform tersebut bagi mereka," kata Bernard.
Seorang pengunjung mencoba gawai virtual reality (VR) yang dipamerkan dalam paviliun mitra SOLIDWORKS World 2019 di Dallas, Texas, AS (11/2). (Anton Santoso)
Dalam kesempatan itu juga dipamerkan beragam inovasi baru dari sejumlah pengguna SOLIDWORKS. Salah satunya adalah Lava, yang memproduksi gitar listrik dari bahan-bahan asli yang berasal di alam.

Pendiri Lava, Rapolas Grazys, mengatakan gitar Lava Drops buatannya menggunakan bahan-bahan alami seperti ambar hitam (black amber), kayu keras ekstotis dan lava vulkanik yang mengeras. Semua gitar unik tersebut dirancang dengan menggunakan fitur xDesign dari SOLIDWORKS.

Sesi umum diakhiri dengan presentasi dari Jim McKelvey, pendiri Square Inc., penyedia jasa keuangan dan gerbang pembayaran yang berbasis di San Fransisco. Jim memotivasi ribuan peserta SOLIDWORKS dengan menceritakan pengalamannya saat membangun Square. 

Selain sesi umum, SOLIDWORKS World 2019 juga menggelar puluhan sesi khusus yang menampilkan beragam pengetahuan teknis tentang piranti 3D tersebut.

Ajang 3DEXPERIENCE World 2020 rencananya akan digelar di Nashville, Tennessee, AS.

Baca juga: Dassault Systemes tawarkan solusi 3D mitigasi bencana

Pewarta: Anton Santoso
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar