Jakarta (ANTARA News) - Gol penyama kedudukan dari gelandang Persija Jakarta Ramdani Lestaluhu di menit ke-72 memaksa Newcastle Jets menjalani babak tambahan 2x15 menit pada laga kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019, Selasa, setelah pertandingan berakhir imbang 1-1 pada waktu normal.

Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Selasa, gol Ramdani membuat kedudukan seri setelah Newcastle unggul terlebih dahulu melalui kaki Ronald Vargas di menit ke-49.

Jika babak tambahan 2x15 menit juga berakhir sama kuat, kedua tim harus melewati adu penalti untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke playoff Liga Champions Asia 2019 menghadapi klub Jepang Kashima Antlers di Jepang, Selasa (19/2).

Dalam pertandingan itu, pelatih Persija Ivan Kolev menurunkan para pemain andalannya dalam laga yang berlangsung di Stadion McDonald Jones tersebut.

Riko Simanjuntak ditempatkan di sisi kanan untuk mendukung kinerja dua penyerang klub berjuluk Macan Kemayoran, Alberto Goncalves dan Marko Simic.

Sementara Newcastle Jets juga memainkan nama-nama terbaiknya seperti Roy O'Donovan dan sang kapten Nigel Boogard.

Hasilnya, kedua tim bermain terbuka dan kerap bertukar serangan. Meski Newcastle Jets lebih banyak melakukan percobaan ke gawang, Persija beberapa kali menggebrak terutama melalui kecepatan Riko Simanjuntak.

Intensitas tekanan Macan Kemayoran meninggi menjelang berakhirnya babak pertama. Dua peluang tercipta dalam rentang satu menit masing-masing dari Tony Sucipto (45') dan Marko Simic (46'), tetapi belum berhasil membobol gawang Newcastle yang dikawal Glen Moss.

Skor 0-0 pun bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Empat menit babak kedua berjalan, Newcastle Jets membuat Persija terkejut dengan gol Ronald Vargas. Pemain Venezuela ini melesakkan bola ke gawang Andritany Ardhiyasa memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Persija.

Persija yang tersengat terus memberikan tekanan ke pertahanan Newcastle. Sempat kesulitan, Persija akhirnya dapat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-72 melalui sundulan Ramdani Lestaluhu. 

Ramdani berhasil memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak dari tendangan sudut.

Setelah itu, kedua tim bermain lebih hati-hati. Meski wasit memberikan lima menit tambahan waktu, tetap tak ada gol tercipta.

Baca juga: Persija-Newcastle Jets imbang 0-0 babak pertama

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019