Dallas, AS (ANTARA News) - SolidWorks telah mengintegrasikan fitur tambahan (add-in) pencetakan 3D milik Rize sehingga pengguna aplikasi itu dapat memilih opsi Rize 3D Print langsung dari menu Tools.  

Kerja sama antar kedua perusahaan itu diumumkan dalam jumpa pers di sela pertemuan tahunan SOLIDWORKS World 2019 di Dallas, Texas, AS, Selasa (12/2).

"Kami senang Rize telah mengembangkan add-in yang memudahkan pengguna SolidWorks untuk melakukan pencetakan 3D," kata CEO SolidWorks Gian Paolo Bassi.

Fitur tambahan Rize secara otomatis akan mentransfer file SolidWorks ke piranti lunak Rize tanpa harus melalui proses ekspor dan impor file. Pengguna SolidWorks versi 2018 dan yang lebih tinggi dapat mengunduh add-in tersebut dari situs Rize.

"Fokus kami adalah mendorong fitur tambahan agar lebih luas digunakan dan membuat proses pencetakan 3D menjadi lebih dekat ke pengguna," tambah CEO Rize, Andy Kalambi.

Menurut Andy, fitur tambahan Rize merupakan langkah awal dan membuktikan komitmen Rize kepada SolidWorks sebagai ekosistem inovasi yang luar biasa.

"Kami bangga menjadi bagian ekosistem itu. Kami akan terus bekerja sama dengan SolidWorks untuk memperluas penggunaan pencetakan 3D," kata Andy.

SolidWorks adalah piranti lunak CAD (computer-aided design) terpopuler milik Dassault Systemes yang dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows untuk merancang dan membuat model tiga dimensi.

Rize adalah produsen printer 3D tanpa emisi yang menggunakan material aman dan tidak merusak lingkungan. Dengan printer 3D, produsen dapat mencetak prototipe produknya secara fisik dengan ketepatan tinggi.

Menyusul kerja sama tersebut, setiap pembeli printer 3D Rize dapat membeli lisensi SolidWorks dengan potongan harga hingga akhir tahun 2019.

 

Pewarta: Anton Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019