Sydney (ANTARA News) -  Saham-saham Bursa Australia cenderung datar pada awal perdagangan Rabu, karena penurunan sektor jasa-jasa kesehatan mengimbangi kenaikan lebih luas, termasuk lonjakan saham teknologi menyusul hasil laba yang lebih baik dari perkiraan. Namun Commonwealth Bank turun 2,59 persen.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, Indeks Acuan S&P/ASX 200 naik tipis 0,70 poin atau 0,012 persen menjadi diperdagangkan di 6.079,80 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 7,50 poin atau 0,12 persen pada 6.156,20 poin.

Musim pelaporan perusahaan berlanjut di Australia dengan beberapa peningkatan laba besar telah membuat hasil beragam di pasar saat ini.

Saham-saham teknologi informasi melonjak dengan perusahaan perdagangan dalam jaringan (online) Computershare membukukan kenaikan laba 51,5 persen yang membuat sahamnya melonjak lebih dari 5,00 persen saat dibuka.

Sementara itu raksasa bioteknologi CSL merosot, meskipun memberikan laba bersih 1,2 miliar dolar AS. Sahamnya turun lebih dari 3,00 persen setelah naik 1,25 persen pada perdagangan kemarin.

"Saya pikir kekhawatiran utama di sini adalah tren penurunan pertumbuhan laba," kata Analis Pasar Utama CMC Markets, Michael McCarthy mengenai CSL seperti dikutip dari Xinhua.

"Peningkatan 10 persen berada di bawah pelaporan baru-baru ini, jadi meskipun itu adalah hasil yang kuat, bahwa tingkat pertumbuhan 10 persen tidak sebanding dengan perkiraan jangka panjang sekitar 13 persen," katanya.

"Dan ketika Anda berdagang dengan kelipatan tinggi dan ada kekhawatiran yang muncul tentang prospek pertumbuhan di masa depan, reaksi di pasar bisa sangat parah," katanya lagi.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi, dengan ANZ naik 1,32 persen, National Australia Bank naik 1,03 persen, dan Westpac Bank naik 1,01 persen, namun Commonwealth Bank turun 2,59 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP turun 0,17 persen, Fortescue Metals naik 1,60 persen, Rio Tinto turun 0,30 persen dan penambang emas Newcrest naik 1,12 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat, dengan Oil Search naik 0,65 persen, Santos naik 0,31 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,61 persen. Baca juga: Harga minyak naik, Saudi janjikan pangkas produksi lebih banyak

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi, dengan Coles turun 0,08 persen dan Woolworths naik 0,23 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,46 persen, operator penerbangan nasional Qantas terangkat 3,24 persen dan perusahaan biomedis CSL anjlok 3,18 persen.

Baca juga: Wall Street menguat tajam, kekhawatiran penutupan pemerintahan AS berkurang

Baca juga: Dolar melemah tertekan data suram ekonomi AS

Baca juga: Harga emas naik didorong pelemahan dolar



 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019