California, (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Twitter Inc, Jack Dorsey, Selasa, mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley, termasuk perusahaannya, belum melakukan upaya yang cukup untuk melindungi korban pelecehan daring.

Dorsey juga menyebut hal itu sebagai "kegagalan besar."

Dalam wawancara melalui Twitter dengan Kara Swisher, sebagaimana disiarkan Reuters, Dorsey berkicau bahwa dia akan memberi perusahaannya nilai "C" sebagai tanggapan atas pertanyaan Swisher terkait "tanggung jawab teknologi".

Swisher adalah salah satu pendiri laman berita teknologi Recode.

"Kami membuat kemajuan, tapi tidak terfokus, dan masih belum cukup," tulisnya sebagai tanggapan atas pertanyaan Swisher.

"Mengubah pengalaman masih belum bermakna. Dan kami masih menempatkan sebagian besar beban kepada para korban pelecehan (itu kesalahan besar)," tulisnya.

Twitter dan jejaring media sosial Facebook Inc. telah menuai kritikan atas pesan-pesan pelecehan, akun palsu, dan pemberitaan yang tidak akurat di layanan mereka.

Twitter telah melakukan investasi besar untuk memperbaiki hal yang Dorsey gambarkan sebagi "kesehatan bersama" Twitter.

Pada Selasa, Dorsey mengatakan bahwa ia tidak menyukai cara Twitter, yang cenderung memicu kemarahan, menghadirkan pola pikir jangka pendek, menjadi ruang yang menggemakan, dan memotong-motong pembicaraan. Selain itu, menurut Dorsey, kurangnya keragaman di Twitter Inc. juga tidak menyelesaikan permasalahan itu.

Menurut dia, upaya Twitter untuk bekerja melawan "otomatisasi dan kampanye terkoordinasi", bekerja sama dengan sejumlah lembaga pemerintah membuat perusahaan itu berada di posisi yang lebih baik dalam memerangi ancaman kesalahan informasi dalam pemilu presiden AS 2020 mendatang.

Sejumlah badan intelijen AS sebelumnya melaporkan bahwa Rusia "menggunakan media sosial untuk membuat bingung para pemilih". Moskow, di sisi lain, membantah tuduhan itu.
 
Penyunting: I Wayan Yoga

Baca juga: Bug di Twitter hampir lima tahun bocorkan cuitan
Baca juga: Soal pelecehan di taksi daring, Kemenhub imbau berhati-hati

Pewarta: Antara
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019