Ternate (ANTARA News) - Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Suroto menerima kunjungan Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri yang akan melaksanakan penelitian di wilayah hukum Polda Malut dalam menghadapi pemilu presiden dan legislatif 2019.

"Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri melaksanakan Penelitian di Polres Halmahera Tengah, kedatangan Tim ke Halteng masih sama yaitu dalam rangka penelitian standarisasi peralatan dan personel Polri yang digunakan untuk pengamanan tempat pemungutan suara guna menyukseskan pemilu aman dan damai," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Kamis.

Kunjungan tersebut dalam rangka penelitian standarisasi peralatan dan personel Polri untuk pengamanan TPS guna mensukseskan pemilu yang aman di wilayah hukum Polda Malut.

Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri ke Malut yakni Kepala Sespuslitbang Mabes Polri, AKBP Guntur Setyanto, Pembina Utama Masyuri Imron, MS (Peneliti Utama -LIPI), pembina Ahmad Munif (Kasubbid Bekum Bidrikwastu Puslitbang Polri)? dan Penata Mulyanto, SE (PS Paur Pal Bidrikwastu Puslitbang Polri)

Selanjutnya tim peneliti melaksanakan Penelitian terkait dengan standarisasi peraralatan personel Polri untuk pengamanan TPS guna mensukseskan pemilu yang aman di Polres Ternate.

Dalam kegiatan Penelitian di Polres Ternate, Pembina Utama Drs Masyuri Imron, MS menyampaikan kedatangannya dari Tim Pokja Puslitbang Mabes Polri terkait dengan Standarisasi peralatan Personil Polri untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pilpres dan pileg, sekaligus mengecek atau mengetahui tentang standarisasi perlengkapan untuk pengamanan pemilu nanti.

Menurut Kapolda, selama ini tugas pengamanan dilibatkan adalah Polri dan selama ini belum ada standarnya seperti apa kemudian peralatan ternyata belum terstandar.

Sedangkan, dari Mabes Polri berdasarkan ada standar lokasi dan tempat2 TPS kurang rawan, raran dan sangat rawan itu berbeda, untuk itu pihaknya meminta beberapa hal atau masukan mengenai pengalaman.

Selanjutnya, dalam kegiatan penelitian di Polres Tidore Kepulauan terkait dengan prosedur pengamanan TPS dan Kendala Alat-alat pendukung pengamanan TPS.

Untuk itu, tim ini akan memberi pendapat guna dijadikan standar ideal dan standar minial untuk pengamana TPS di Masa akan datang baik untuk TPS yang berkategori Aman dan Rawan Karena sebentar lagi kita akan melakukan pesta demokrasi.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019